Bhayangkara Pembina Banjar Hadir di Tengah Masyarakat

 


Pemolisian masyarakat atau Community Policing merupakan suatu kegiatan Kepolisian untuk mengajak masyarakat melalui pola kemitraan anggota Polri dan masyarakat. Ini untuk mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat ( kamtibmas ) dilingkungan serta menemukan pemecahan masalah.
Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, S.I.K., S.H., M.H., di sela-sela kegiatan Apel perdana Jumat (24/7) mengatakan landasan instrumental terkait Pemolisian Masyarakat diatur dalam Peraturan Kapolri. Perkap Nomor 3 Tahun 2015, tentang Polmas. Masyarakat bukan merupakan obyek pembinaan, melainkan sebagai subyek dan mitra yang aktif dalam memelihara Kamtibmas di lingkungannya sesuai dengan hukum dan hak asasi manusia.
Kapolres Gianyar menyampaikan ini merupakan terobosan kreatif membentuk Bhayangkara Pembina Banjar (Bhabinjar). Bhayangkara ini nantinya akan mampu memberikan informasi berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas di wilayah tugas masing-masing.
Bhabinjar akan ditunjuk dan ditempatkan sesuai asalnya (lokal boy). Hal ini dimaksudkan untuk lebih mudah beradaptasi dan bersosialisasi dengan masyarakat lingkungannya. Mereka mampu mengidentifikasi permasalahan dan secara dini berusaha mencarikan jalan keluar atau solusi agar jangan menjadi konflik sosial yang berkepanjangan.
Kapolres Gianyar melihat dari segi geografis wilayah hukum Gianyar terdiri dari 70 desa/ kelurahan, dengan kompleksitas permasalah yang berbeda. Kehadiran Bhabinjar sangatlah strategis, nantinya dapat membantu tugas-tugas Bhabinkamtibmas yang selama ini dilaksanakan hanya tiga pilar Bhabin, Babinsa dan Kepala desa / Lurah.
“Pembentukan Bhabinjar, mendapat apresiasi dari Bupati Gianyar dan Kapolda Bali, karena dapat membantu secara cepat masyarakat atau komunitas di wilayahnya, berkaitan dengan permasalahan kamtibmas yang terjadi dan juga mampu mengimplementasikan program Commanders Wish Kapolda Bali, yang pada gilirannya nanti tercipta kondusipitas wilayah menuju Gianyar yang Santih lan Jagathita, ” tegas Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana.
Apel perdana dilaksanakan di Endra Dharmalaksana Polres Gianyar yang diikuti oleh dua Polsek yaitu Polsek Gianyar dan Polsek Blahbatuh langsung melekat anggota Bhabinjar di masing-masing Banjar di dua Polsek.*kup

BAGIKAN