Berikan Subsidi Bunga, BPR Tunggu Petunjuk Teknis PMK

Pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 65 /PMK.05/2020 tentang tata cara pemberian subsidi bunga atau subsidi margin.

BPR-Layanan BPR kepada masyarakat dan UMKM

Denpasar (bisnisbali.com) –Pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 65 /PMK.05/2020 tentang tata cara pemberian subsidi bunga atau subsidi margin. Ketua DPK Perbarindo Bali Timur, I Ketut Wirama, Kamis (23/7) mengatakan BPR masih menunggu petunjuk teknis penerapan PMK.

Diungkapkannya, DPP Perbarindo dan DPD Perbarindo memang sempat mensosialisasi kebijakan pemerintah terkait PMK. Ini untuk kredit atau pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah dalam rangka mendukung pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional.

Ia menjelaskan DPP dan DPD sudah memberikan pemahaman terkait kebijakan PMK. Ini bagian langkah-langkah  BPR dalam mempersiapkan sistem informasi kredit program. BPR nanti mengajukan subsidi bunga ke Departemen Keuangan. Kementerian Keuangan yang mendistribusikan atau mengeluarkan subsidi bunga.

Menurut Wirama, UMKM yang akan mendapatkan subsisi bunga akan diseleksi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). BPR hanya menyiapkan data debitur yang bergerak di sektor UMKM. Selanjutnya, debitur yang akan memohon subsidi bunga. ” Yang jelas subsidi bunga dari PMK ini fokus untuk UMKM.

Ketut Wirama menambahkan PMK sudah disosialisasikan sesuai jenjang. UMKM yang  seluruh Indonesia yang meminjam kredit modal kerja dan kredit investasi akan mendapatkan prioritas subsidi bunga melalui kebijakan PMK. *kup

BAGIKAN