Berikan Kontribusi, LPD Tangkas Upayakan Kesejahteraan Masyarakat

Sesuai dengan tujuan keberadaan Lembaga Perkreditan Desa ( LPD) yaitu menjadi tumpuan perekonomian desa adat serta mampu menyejahterakan masyarakat,

PELAYANAN - Pelayanan di LPD Desa Adat Tangkas.

Semarapura (bisnisbali.com) –Sesuai dengan tujuan keberadaan Lembaga Perkreditan Desa ( LPD) yaitu menjadi tumpuan perekonomian desa adat serta mampu menyejahterakan masyarakat, LPD Desa Adat Tangkas, Klungkung memberikan berbagai kontribusi untuk masyarakat. Mulai dari pembangunan Pura, pelaksanaan piodalan hingga kegiatan sosial lainnya.

Kepala LPD Desa Adat Tangkas,  I Nyoman Sudarma,  Rabu (22/1) mengatakan, terkait dengan pembangunan fisik, telah banyak dukungan yang diberikan LPD Desa Adat Tangkas selama ini. Demikian juga dalam pelaksanaan piodalan yang selama ini masyarakat Desa Adat Tangkas belum pernah melakukan urunan untuk kebutuhan biaya upacara. “Semua di-back-up dari dana pembangunan yaitu 20 persen dari laba yang diserahkan LPD kepada desa adat, serta beberapa sumber dana lain di desa adat,” ungkapnya.

Hal ini tentunya sangat meringankan beban masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan adat dan agama di desa adat.  Di samping itu, dengan keringanan yang dirasakan masyarakat dalam tiap kegiatan yang dilakukan di desa adat,  juga dapat membantu menjaga kelestarian adat, budaya dan agama di Bali.

Selain dukungan terhadap pembangunan dan pelaksanaan piodalan serta kegiatan adat lainnya, LPD Desa Adat Tangkas juga berkontribusi dalam kegiatan sosial. Seperti dana apresiasi untuk pemangku serta serati di wilayah desa adat setempat, yang diserahkan pada pelaksanaan gebyar LPD. Demikian juga kontribusi terhadap dunia pendidikan berupa beasiswa untuk siswa berprestasi diberikan LPD Desa Adat Tangkas tiap tahunnya. “Di luar itu, berbagai kegiatan di desa adat yang bisa dibantu oleh LPD, sepanjang LPD mampu tentunya akan terus membantu,” jelasnya.

Ke depan, Sudarma mengatakan,  harapannya agar LPD tetap menjadi pilihan masyarakat, masyarakat tetap mempercayakan LPD sebagai tempat untuk kebutuhan ekonominya baik dalam meminjam ataupun menyimpan uang. Dikatakan Sudarma, kepercayaan masyarakat saat ini sangat luar biasa yang 60 persen dari jumlah penduduk di Desa Adat Tangkas sudah memanfaatlan LPD. *wid

BAGIKAN