Berdayakan Gedung BKS, Permudah Akses Layanan  

KEBERADAAN Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kabupaten Bangli dari tahun ke tahun makin menunjukkan asistensinya.

KEBERADAAN Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kabupaten Bangli dari tahun ke tahun makin menunjukkan asistensinya. Kepercayaan masyarakat terhadap LPD makin meningkat yang terlihat dari berbagai kegiatan dan rapat evaluasi rutin yang digelar Badan Kerja Sama LPD Kabupaten Bangli.

Menurut Ketua BKS LPD Kabupaten Bangli, Ketut Sudana, S.H., meski tergolong kabupaten yang kecil tapi kalau dilihat dari respons dan tingkat keaktifan LPD di kabupaten yang berhawa sejuk ini sangatlah tinggi. Apalagi saat ini BKS sendiri telah memiliki gedung representatif yang berada di Jalan Nusantara Bangli, yang bisa dimanfaatkan sebagai media pertemuan antarpengurus LPD.

“Dengan adanya gedung BKS yang representatif dan nyaman tentu kita akan makin semangat dalam mendiskusikan serta mengadakan pertemuan rutin yang tujuannya sudah pasti utuk meningkatkan kinerja serta layanan pengurus terhadap anggotanya. Gedung kita tergolong baru dan satu atap dengan PHDI Bangli, dan hingga saat ini kita masih terus berupaya melengkapi gedung dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung agar makin memudahkan akses pelayanan,” ungkap Ketut Sudana yang juga ketua LPD Batur.

Gedung BKS ini bisa dikatakan merupakan impian para pengurus LPD di mana sebelumnya sempat tercetus keinginan untuk membuat LPD Center, di mana LPD Center ini nantinya bertujuan untuk menjadi pusat pendidikan/pelatihan pengurus LPD, karena dalam pengelolaannya LPD memiliki standardisasi yang tak kalah pentingnya dalam upaya memajukan LPD, selain itu pemanfaatan teknologi yang terus mengalami perubahan juga minimal bisa disesuaikan dengan keperluan serta kepentingan oprasional LPD.

“Dengan adanya kantor bersama ini tentu akan memudahkan sesama pengurus untuk melakukan komunikasi secara berkesinambungan. Apalagi kita juga merancang pertemuan rutin yang tujuannya untuk membahas perkembangan LPD secara umum yang berada di Bangli. Tidak mengecilkan juga untuk LPD yang kurang berkembang juga bisa sharing pendapat agar bisa meningkatkan kualitas kedepannya. Apalagi tuntutan zaman makin maju dan pastinya masyarakat juga menginginkan lembaga keuangan salah satunya LPD bisa berperan lebih aktif,” terangnya.

Ke depan pihak pengurus BKS akan terus melengkapi kantor/gedung BKS LPD ini dengan sarana dan prasarana sehingga pelayanan terhadap Lembaga Perkreditan Desa di Kabupaten Bangli akan makin baik. Pihaknya juga mengimbau bagi pengurus yang ingin berdiskusi atau melakukan rembug pendapat terkait dengan perkembangan LPD di tempatnya bisa datang ke kantor BKS.*ita

BAGIKAN