Berbagi dengan Warga Kurang Mampu dan Lansia

Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tabanan melalui kegiatan Penggak PKK yang diselenggarakan di Wantilan Desa Kukuh, Kecamatan Marga, berbagi dengan 100 orang warga kurang mampu.

LANSIA - Sejumlah lansia menerima vaksinasi Covid-19 dalam kegiatan Penggak PKK Tabanan.

Tabanan (bisnisbali.com) –Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tabanan melalui kegiatan Penggak PKK yang diselenggarakan di Wantilan Desa Kukuh, Kecamatan Marga, berbagi dengan 100 orang warga kurang mampu. Dalam acara tersebut juga disediakan 120 dosis vaksin Covid-19 untuk para lansia yang tersebar di Desa Kukuh.

Penggak merupakan tempat berjualan tidak permanen dan dalam pelaksanaannya tanpa memberatkan APBD. Hal ini mendapat apresiasi dan dukungan dari orang nomor satu di Tabanan, Bupati Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M. Menurutnya, kegiatan ini sangat meringankan beban masyarakat di masa pandemi saat ini.

“Kami Pemerintah Kabupaten Tabanan beserta jajaran sangat mendukung program ini. Program PKK ini luar biasa, menyentuh masyarakat dan sesuai dengan visi misi yang telah ditetapkan di Kabupaten Tabanan,” ungkap Bupati Sanjaya saat menghadiri secara langsung kegiatan Penggak PKK di Wantilan Desa Kukuh, Rabu (21/4) kemarin.

Program ini berkorelasi dengan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM). Jadi, Pemkab mendukung secara penuh kegiatan ini apalagi tidak memberatkan APBD Kabupaten Tabanan. “Kami juga sangat mengapresiasi, karena dalam kegiatan ini juga banyak donatur yang turut membantu secara bergotong royong, sehingga kita bisa berbagi,” bebernya.

Pihaknya berharap ke depannya bahan-bahan pokok yang diberikan kepada masyarakat sebagai bantuan, seperti beras, buah, sayur, telur dan bahan pokok lainnya agar dikonsepkan berasal dari desa itu sendiri. Sebab, seluruh desa yang ada di Kabupaten Tabanan mayoritas penduduknya petani yang mengolah berbagai komoditi di lahan masing-masing. “Beras, sayur mayur, buah-buahan dan lain sebagainya harus dari desa itu sendiri. Dari desa, oleh desa dan kembali untuk masyarakat desa. Itulah yang kami sebut dengan desa berdikari, desa yang mandiri dan desa yang tangguh, harapan kita,” imbuh Sanjaya.

Sebelumnya, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya menjelaskan, dalam memperingati HKG PKK ke-49 dan Hari Kartini 2021 diadakan kegiatan Penggak PKK agar memberikan manfaat kepada masyarakat  sekaligus dirangkaikan dengan perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan. ‘’TP PKK Kabupaten Tabanan merayakannya dengan bentuk kegiatan sosial berupa Penggak PKK, semacam warung rompyok atau warung dadakan. Penerima bergiliran mengambil satu per satu bantuan dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sasaran penerima bantuan ini adalah warga kurang mampu dan lansia sebanyak 100 orang. Pihaknya sekaligus menyediakan 120 dosis vaksin Covid-19 yang difokuskan bagi lansia yang memenuhi persyaratan kesehatan.

Kegiatan PKK Tabanan ini disambut hangat oleh perbekel dan masyarakat Desa Kukuh, khususnya warga penerima bantuan. Salah satu warga Banjar Lodalang, Putu Eka Saputra, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tabanan, khususnya TP PKK Kabupaten Tabanan yang telah menggelar acara ini. *man

BAGIKAN