Berbagai Kontribusi LPD Celuk Ringankan Beban Masyarakat

Atas besarnya dukungan yang diberikan oleh masyarakat, LPD Desa Adat Celuk, Gianyar yang didukung oleh 426 KK berupaya maksimal dalam memberikan kontribusi.

Pelayanan di LPD Desa Pakraman Celuk

#Gianyar#BKS-LPD#

Berbagai Kontribusi LPD Celuk Ringankan Beban Masyarakat

Gianyar (bisnisbali.com) –Atas besarnya dukungan yang diberikan oleh masyarakat, LPD Desa Adat Celuk, Gianyar yang didukung oleh 426 KK berupaya maksimal dalam memberikan kontribusi. Hal ini merupakan realisasi manfaat dari keberadaan lembaga keuangan milik desa adat yang mampu meringankan beban masyarakat.

Kepala LPD Desa Adat Celuk, I Wayan Samarata, belum lama ini mengatakan, selain menyerahkan 20 persen dari laba untuk dana pembangunan yang rutin tiap tahunnya, LPD Desa Adat Celuk juga memberikan kontribusi lainnya kepada masyarakat. Seperti menyambut Hari Raya Nyepi, LPD Desa Adat Celuk rutin membagikan paket sembako kepada seluruh masyarakat serta parsel kepada nasabah.

Di sisi lain, dalam upaya memberikan keringanan kepada masyarakat, LPD Desa Adat Celuk juga memfasilitasi berbagai kegiatan di desa adat. Seperti halnya menganggarkan dana upakara Rp 150 juta per tahun untuk memfasilitasi kegiatan piodalan di Pura Kahyangan Tiga.

“Hampir 10 tahun berjalan, masyarakat tidak pernah keluar biaya untuk piodalan, yang penyelenggaraannya ditanggung oleh LPD,” ujarnya.

Demikian juga untuk kesejahteraan pemangku, LPD Desa Adat Celuk memberikan dana motivasi kepada 7 pemangku Kahyangan Tiga dengan nilai Rp 6 juta per bulannya. Kegiatan ini juga dikatakannya sudah 10 tahun berjalan.

Di samping itu, dalam pelaksanaan upacara ngaben massal, LPD Desa Adat Celuk memberikan anggaran Rp 60 juta per tahun, yang dana tersebut diambil tiap 3 tahun sekali oleh masyarakat. Pelaksanaan ngaben massal ini pun dikatakannya sudah 3 kali berjalan. Untuk memfasilitasi tiap kegiatan di masyarakat, Samarata mengatakan, dianggarkan dari dana sosial yang merupakan penyisihan 5 persen dari laba. LPD Desa Adat Celuk juga mendukung keberadaan kelompok-kelompok masyarakat yang terbentuk di wilayah Desa Adat Celuk, seperti sekeha teruna, sekeha gong dan sebagainya dengan memberikan dana motiovasi tiap tahunnya. *wid

BAGIKAN