Beachwalk Berinovasi di Tengah Keterpurukan Pariwisata

Ekonomi mengalami guncangan hebat selama pandemi Covid-19.

Mangupura (bisnisbali.com) – Ekonomi mengalami guncangan hebat selama pandemi Covid-19. Namun, hal ini tak menyurutkan langkah Beachwalk Shopping Center untuk menghadirkan lebih banyak pilihan bagi konsumen. Hal itu diungkapkan Marketing & Communications Head of Beachwalk Shopping Center, Winda Mahyuni.

Menurutnya, Beachwalk Shopping Center tetap buka selama pandemi berlangsung. Pilihan ini tetap diambil meskipun pariwisata terpuruk. “Kita tahu selama ini Kuta merupakan barometer dari pariwisata Bali. Jadi, kalau Kutanya masih sepi ini dijadikan sebagai tolok ukur bahwa tempat lainnya juga pasti sepi. Banyak toko-toko yang masih tutup di daerah Kuta, Legian, tapi untuk di Beachwalk Shopping Center yang sebagai salah satu pasar modern masih tetap buka dengan adanya penyesuaian jam buka dan jam tutupnya,” ujarnya.

Disebutkan, outlet-outlet di Beachwalk Shopping Center masih semuanya buka. Namun kalau dilihat dari sisi pendapatan, tentu ada penurunan. Sebab, pandemi membuat penurunan signifikan kunjungan customer. Sebelum pandemi, tren kunjungan wisatawan dibagi menjadi dua garis besar yakni high season dan low season. Pada low season, kunjungan ke Beachwalk dibagi lagi menjadi weekday dan weekend. Pada weekday kunjungan berada di kisaran 15.000 sampai 16.000 orang per hari sedangkan saat weekend di angka 20.000 sampai 22.000 orang per hari.

Saat high season seperti liburan sekolah, Lebaran, Natal, Tahun Baru atau ketika pengunjung yang datang bukan saja internasional tapi domestik juga kita tinggi, untuk weekday-nya bisa tembus 22 ribuan sampai 25.000 orang per hari. Saat weekend, apalagi hari H, kunjungan bisa mencapai 30 ribuan, bahkan tertinggi pernah menembus angka 40.000 lebih dalam satu hari. “Saat pandemi, penurunan kunjungan sangat anjlok sekali. Kita tidak bisa membedakan mana yang high season dan low season,” ujarnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, di tengah pandemi Covid-19 ini Beachwalk membuka gerai lokal dan internasional yang siap memanjakan konsumen. Hadirnya Beachwalk 2 dengan beragam gerai membuat pilihan untuk belanja makin banyak. “Mulai dari brand lokal terkenal hingga brand internasional hadir di Beachwalk 2. Saat ini kami masih soft opening,” katanya.

Gerai-gerai baru ini dibangun dan ditata dengan indah mengelilingi area berkonsep terbuka yang disebut “Oasis Stage”. Berbagai kegiatan dan acara akan diadakan untuk memanjakan para pengunjung. Winda menambahkan, pihaknya memiliki program Beachwalk To Go. Melalui layanan ini Beachwalk memanjakan pelanggan yang ingin berbelanja dari rumah saja tanpa perlu khawatir harus bepergian. Sederetan merek fashion, makanan dan kecantikan siap untuk melayani pelanggan melalui layanan pesan antar online. Beachwalk juga menyediakan layanan personal shopper untuk membantu pelanggan berbelanja di beberapa toko sekaligus dari rumah.

Hal terpenting selama pandemi, Beachwalk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebagai upaya untuk melindungi keamanan, kesehatan dan kenyamanan pelanggan, protokol kesehatan diterapkan pula pada layanan-layanan online. “Semua toko berikut staf selalu menjalankan aturan jaga jarak serta aturan kebersihan dan kesehatan ketika mempersiapkan pesanan sebelum mengirimkannya melalui layanan pengiriman apa pun,” tandasnya. *suk

BAGIKAN