Banting Harga hingga 50 Persen

BISNIS akomodasi pariwisata mengalami penurunan signifikan.

BISNIS akomodasi pariwisata mengalami penurunan signifikan. Tak terkecuali, penyedia kegiatan bermain ATV memberikan diskon besar-besaran mencapai 50 persen untuk menarik minat pengunjung.

Owner Casaoriza Funs Club yang terletak di Kelating, Tabanan, Dewa Surya mengatakan, selama pandemi penurunan omzet sangat tajam. Sampai saat ini belum ada peningkatan yang berarti, karena segmen yang diandalkan yakni wisawatan mancanegara sama sekali tidak ada.

“Dengan keadaan ini, kami mengalihkan segmen ke lokal domestik. Tentunya harga yang ditawarkan juga harus menyesuaikan sehingga kami memberanikan diri menurunkan harga sampai 50 persen. Hasilnya digunakan untuk biaya perawatan dan memberikan upah kepada rekan-rekan yang membantu. Selain itu, kami juga mengupayakan untuk melakukan kerja sama dengan beberapa destinasi wisata lokal,” ujar Dewa Surya.

Tidak hanya menyediakan kegiatan bermain ATV saja, melainkan juga banyak penunjang lainnya. Terdapat restoran, tempat kemah dan playground. Fasilitas yang disediakan ini untuk menarik minat wisatawan dengan mengikuti tren kegiatan yang ada.

“Kami sebagai pelaku wisata tetap optimis. Selain kegiatan-kegiatan yang dilakukan ini untuk sistem bertahan di tengah pandemi, dapat juga untuk meningkatkan imun tubuh. Kami juga memberikan pelatihan bagi pengunjung yang belum pernah menaiki ATV sampai benar-benar bisa. Walaupun harga kami turunkan, tidak mengurangi pelayanan untuk para pengunjung. Kualitas dan pelayanan tetap nomor satu,” lanjutnya.

Hal penting lainnya adalah penerapan protokol kesehatan dengan maksimal sesuai dengan anjuran pemerintah. Mulai dari mencuci tangan, menyediakan hand sanitizer, wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Kegiatan ATV dilaksanakan di ruangan yang terbuka, sehingga meminimalisir penularan virus.

“Di luar upaya yang kami lakukan, tentunya kami tetap berharap kepada pemerintah agar segera memberikan informasi baik terkait pariwisata pada khususnya. Kami menyadari pandemi ini adalah salah satu cobaan hidup yang global. Dan untuk pebisnis lainnya, kami harapkan untuk tetap semangat dan berkreativitas di tengah pandemi. Jangan sampai berdiam diri dan ambil peluang yang ada, dengan tentunya tetap menerapkan prokes. Saling menjaga satu sama lain, sehingga pandemi ini dapat segera berakhir,” katanya. *git

BAGIKAN