Bank Tutup Saat Galungan, Nasabah Diarahkan Manfaatkan Layanan ATM

Sejumlah lembaga perbankan di Kabupaten Tabanan akan tutup atau tidak beroperasi pada hari raya Galungan, Rabu (16/9) mendatang.

ATM - Sejumlah masyarakat tengah mengantre di ATM.

Tabanan (bisnisbali.com) – Sejumlah lembaga perbankan di Kabupaten Tabanan akan tutup atau tidak beroperasi pada hari raya Galungan, Rabu (16/9) mendatang. Bercermin dari itu, pada hari-H nanti nasabah diarahkan untuk memanfaatkan layanan perbankan melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) atau dengan memanfaatkan mobile banking.

Pimpinan BRI Kantor Cabang Tabanan, Pranathan Triatmojo, di Tabanan, Jumat (11/9), mengungkapkan, jelang Galungan transaksi nasabah khususnya untuk penarikan dana sudah mulai terjadi saat ini. Pihaknya pun sudah mengantisipasi dengan kesiapan likuiditas termasuk untuk mencukupi dana di ATM, sehingga kebutuhan dana oleh nasabah bisa terpenuhi dengan baik.

“Peningkatan transaksi nasabah ini bisa mencapai 40 persen per hari dari biasanya dan kami sudah antisipasi hal tersebut. Termasuk juga penambahan dana di ATM dengan mengisi atau me-refill dalam rentang waktu lebih banyak dari sebelumnya,” tuturnya.

Kata Pranathan, penambahan dana di ATM ini juga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dana pada hari raya Galungan nanti. Sebab, pada hari-H atau Galungan nanti untuk layanan langsung atau operasional perbankan akan tutup sehari dan baru operasional kembali pada, Kamis (17/9). Bercermin dari itu, dia berharap nasabah dalam transaksi keuangan bisa memanfaatkan layanan melalui ATM maupun mobile banking.

Hal senada diungkapkan, Wakil Kepala Cabang Operasional Bank BPD Bali Cabang Tabanan, A.A. Putri Arniasih. Kata dia, saat hari raya Galungan nanti layanan langsung untuk transaksi perbankan akan tutup. Sebab itu harapannya, pada Galungan nanti nasabah bisa mengoptimalkan layanan melalui ATM yang tersedia di sejumlah titik. “Terkait tidak operasional pada saat hari raya Galungan nanti, kami juga informasikan ke nasabah dengan menempel pengumuman di ATM,” ujarnya.

Sementara itu, bercermin dari momen yang sama tahun sebelumnya, peningkatan transaksi penarikan dana nasabah untuk hari raya Galungan ini akan terjadi hingga puncaknya pada hari-H nanti. Semantara, pada saat hari raya Kuningan yang merupakan rangkaian dari Galungan tidak akan berdampak signifikan pada penarikan dana nasabah. *man

BAGIKAN