Banjar Adat Sanggulan Jadi Contoh Tertib Berlalu Lintas

Banjar Adat Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, menjadi roll model di Kabupaten Tabanan sebagai kampung tertib lalu lintas.

PRASASTI - Kapolres Tabanan menandatangani prasasti menandai diresmikannya kampung tertib lalu lintas.

Tabanan (bisnisbali.com) –Banjar Adat Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, menjadi roll model di Kabupaten Tabanan sebagai kampung tertib lalu lintas. Upaya tersebut dimaksudkan untuk memberikan contoh dan pembelajaran budaya tertib lalu lintas guna terciptanya kamseltibcar lantas di wilayah Kabupaten Tabanan.

Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S., Siregar S.I.K., M.H., saat meresmikan kampung tertib berlalu lintas di Balai Banjar Dinas Sanggulan, Senin (22/3) kemarin, mengungkapkan pembentukan kampung tertib lalu lintas ini dimaksudkan untuk memberikan contoh dan pembelajaran kepada masyarakat Kabupaten. Sebab selama ini laka lantas masih menjadi penyumbang angka kematian nomor tiga di Indonesia dan korban di antaranya usia produktif. Bercermin dari itu, pendidikan dan pembelajaran budaya tertib berlalu lintas dipandang perlu diberikan sedini mungkin. Salah satunya dikemas dalam bentuk kampung tertib berlalu lintas.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Kadishub Tabanan Ngurah Darma Utama, Danramil 1619 Tabanan, Kepala Dinas DKLH Kabupaten Tabanan, Camat Kediri, Ketua BPD Desa Banyar Anyar,  Bendesa Adat Sanggulan, perwakilan tokoh adat, agama dan Ketua Karang Taruna Banjar Adat Sanggulan.

Kapolres Tabanan menjelaskan, kampung tertib lalu lintas merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Polres Tabanan dalam hal ini Sat. Lantas Polres Tabanan sebagai pengemban fungsi lalu lintas di Kabupaten Tabanan untuk dapat memberikan edukasi sejak dini. Dalam hal ini terkait budaya tertib lalu lintas dan menetapkan lingkungan yang tertib mulai dari tingkat banjar untuk diterapkan dalam pola hidup. “Kami sangat berharap kepada masyarakat Desa Adat Sanggulan dapat menjadi role model untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Tabanan dalam membudayakan tertib berlalu lintas dijalan raya,” tuturnya.

Pihaknya minta warga Desa Sanggulan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan sebagai kebutuhan. Bila mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya tetap berhati-hati agar tidak menjadi korban laka lantas. Selalu cek kendaraan sebelum digunakan serta lengkapi diri dengan kelengkapan keselamatan berkendara termasuk administrasi kendaraan.

“Jadikanlah kampung tertib lalu lintas ini sebagai bahan pembelajaran bersama untuk mewujudkan Kabupaten Tabanan yang zero accident di masa pandemi Covid-19. Tak lupa kami ingatkan kepada seluruh masyarakat Tabanan untuk selalu disiplin protokol kesehatan,” tegas Kapolres Tabanan.

Hal senada diungkapkan Kadishub Tabanan Ngurah Darma Utama. Menurutnya, kolaborasi dengan stakeholder terkait merupakan investasi jangka panjang untuk menyiapkan masyarakat yang memiliki kesadaran sendiri menciptakan keamanan terutama berlalu lintas. Sebab, pembangunan masa kini tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh aparat atau birokrasi.

‘’Dalam membangun, pemerintah harus bersinergi dengan masyarakat, dengan komunitas akademis, pengusaha dan media. Semoga ke depan akan bermunculan kampung tertib lalu lintas lain yang inisiatifnya muncul dari masyarakat sendiri,” pungkasnya. *man

BAGIKAN