Bangun Pasar untuk Gerakkan Ekonomi

Pasar desa dan pasar umum yang dikelola pemerintah berperan besar dalam menggerakkan perekonomian daerah.

PASAR - Program pembangunan pasar di Kabupaten Gianyar dalam rangka menggerakkan perekonomian daerah.

Gianyar (bisnisbali.com) – Pasar desa dan pasar umum yang dikelola pemerintah berperan besar dalam menggerakkan perekonomian daerah. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Gianyar memprogramkan membenahi pasar desa dan pasar umum serta sumber daya manusia (SDM) pasar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perindag Kabupaten Gianyar Luh Gede Eka Suary, Selasa (1/12) kemarin. Diungkapkannya,  di samping pembinaan aparatur pasar, Pemkab Gianyar sejak tahun 2018 telah membangun sejumlah pasar baik yang dikelola desa maupun Pemkab Gianyar. Pembuatan pasar menjadi salah satu fokus pembangunan yang dilakukan Pemkab Gianyar.

 Ia menjelaskan, dalam kurun waktu 2018 sampai saat ini telah dibangun beberapa pasar desa dan pasar yang dikelola secara langsung oleh Pemkab Gianyar. Ini sebagai upaya Pemkab Gianyar semakin menggerakan perekonomian di wilayahnya.

Eka Suary memaparkan, Pasar Sukawati blok A dan B dibangun dengan dana sebesar Rp 77 miliar. Pasar Gianyar dibangun melalui APBD Kabupaten Gianyar dengan pagu Rp 250 miliar. Pasar Sukawati blok C dibangun dengan dana APBN Rp 75 miliar. Sementara Pasar Blahbatuh dibangun dengan Dana Tugas Perbantuan Kementerian Perdagangan RI sebesar Rp 1,4 miliar. *kup

BAGIKAN