Bangkitkan Minat Baca Masyarakat,  Gedung Layanan Perpustakaan Diresmikan

Masyarakat Buleleng kini memiliki gedung perpustakaan yang nyaman dan representatif untuk dikunjungi dan dimanfaatkan dengan baik

Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG, meninjau gedung  perpustakaan usai diresmikan.

Singaraja (bisnisbali.com) – Masyarakat Buleleng kini memiliki gedung perpustakaan yang nyaman dan representatif untuk dikunjungi dan dimanfaatkan dengan baik. Gedung Layanan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Kabupaten Buleleng, terletak di Jalan Werkudara tepatnya di sebelah Selatan Taman Kota Singaraja, yang telah diresmikan oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, Sabtu (7/12).

Kenyamanan yang diberikan kepada  masyarakat di antaranya, tersedianya ruangan layanan anak, ruangan sirkulasi, audio visual, internet, ruang pelestarian  dan restorasi. Pada tiap ruangan tersebut disediakan berbagai buku yang sesuai peruntukkannya.

Selain ruangan yang telah disebutkan, Perpustakaan Kabupaten Buleleng juga ke depannya akan memanfaatkan ruang publik Taman Kota Singaraja untuk memberikan ruang kepada masyarakat yang ingin membaca pada saat menikmati akhir pekan.

Hal ini diungkapkan  oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, dr. Ni Made Sukarmini, MAP. Katanya, dengan program tersebut, pihaknya memberikan kebebasan masyarakat Buleleng untuk membaca. Sukarmini menambahkan, nantinya di tempat tersebut akan disediakan meja dan kursi untuk para pembaca. “Nanti kami siapkan ruang seperti meja-meja, kemudian kami berikan  buku sehingga masyarakat tidak tergantung dengan hari buka perpustakaan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, SP.OG.,  mengatakan dengan gedung baru dan buku-buku yang sudah disediakan, masyarakat Buleleng bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Wabup Sutjidra berharap, ke depannya perpustakaan bisa membuat perpustakaan digital sehingga mempermudah masyarakat untuk membaca. “Semoga ke depannya perpustakaan sudah berbasis digital, karena perpustakaan digital ini, mempermudah masyarakat untuk menambah ilmu dan wawasan,” harapnya.

Gedung layanan perpustakaan ini dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpustakaan Nasional Republik Indonesaia (Perpusnas) Sub. Bidang Pendidikan dengan total anggaran Rp1.144.400.000 yang terbagi atas dua kegiatan, yaitu, rehab gedung layanan perpustakaan dengan pagu Rp950.000.000 dengan realisasi keuangan sebesar Rp837.276.410 dan kegiatan pengadaan bahan pustaka dengan pagu sebesar Rp194.400.000 dengan realisasi keuangan sebesar Rp135.502.600 terdiri dari 1944 eksemplar koleksi bahan pustaka dengan realisasi fisik 100 persen.

Peresmian gedung layanan perpustakaan yang ditandai dengan pemotongan pita ini, dihadiri pula, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Nurhadi Saputra, Bunda PAUD Kabupaten Buleleng,  Ny. Aries Suradnayana, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Ayu Wardhany Sutjidra, dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng.*ira

BAGIKAN