Bangkitkan Ekonomi, BPR Salurkan Kredit ke UMKM

Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan mampu menggerakkan ekonomi Bali dalam masa pandemi Covid-19.

BPR - BPR melayani transaksi nasabah.

Denpasar (bisnisbali.com) – Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan mampu menggerakkan ekonomi Bali dalam masa pandemi Covid-19. Untuk membangkitkan ekonomi ini, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mesti menyalurkan kredit ke sektor UMKM.

Ketua Tim Literasi dan Inklusi Keuangan Dewan Pimpinan Komisariat Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (DPK Perbarindo) Kabupaten Badung Nengah Sutha Semadi mengungkapkan hal itu di Denpasar, Rabu (2/12) kemarin. Menurutnya, dalam masa pandemi Covid-19, BPR mesti ikut mengambil langkah-langkah untuk menggerakkan ekonomi guna membantu pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional.

Hal yang bisa dilakukan BPR adalah membantu permodalan sektor UMKM. Bantuan permodalan ini akan menumbuhkan UMKM melalui kredit modal kerja. “Walaupun dalam situasi yang sulit, BPR harus tetap melakukan lending,” ucap Sutha Semadi.

Dikatakannya, pemerintah tetap mengeluarkan stimulus untuk pemulihan ekonomi nasional. Melalui stimulus, ekonomi akan bergerak dan masyarakat bisa memanfaatkan produk UMKM. UMKM dapat bergeliat dan tumbuh tentu dengan dukungan sektor perbankan. BPR yang mendukung melalui pemberian kredit.

Sutha Semadi menambahkan, BPR juga mesti melakukan efisiensi denganĀ  menurunkan cost of fund atau biaya dana. Sebab, BPR mesti mengefektifkan biaya operasional. Untuk itu, BPR harus mencari peluang-peluang dalam penyaluran kredit. Dengan dibukanya sektor pariwisata Bali secara bertahap akan membuka peluang-peluang ekonomi dan tumbuhnya sektor UMKM. *kup

BAGIKAN