Bali – Lombok Jadi Destinasi Pariwisata Favorit

Bali dan Pulau Lombok menjadi daerah tujuan atau destinasi wisata yang favorit.

Bupati Mas Sumatri saat pesta rakyat di Padangbai.

Amlapura (bisnisbali.com) –Bali dan Pulau Lombok menjadi daerah tujuan atau destinasi wisata yang favorit. Karena itu, jalur penyeberangan Padangbai di Karangasem dan Lembar di Pulau Lombok, menjadi jalur penyeberangan yang sibuk. Ramainya jalur penyebrangan itu, tentunya juga member efek domino bagi perkembangan perekonomian masyarakat khususnya  Padangbai dan sekitarnya di Karangasem.

Hal itu disampaikan, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Minggu (10/11) lalu di Padangbai, Karangasem, saat menggelar pesta rakyat terkait Hari Pahlawan 10 November. Gelaran pesta rakyat itu, bertema,  “Dari Rakyat Untuk Rakyat” di Pelabuhan Padangbai.

Ira Puspadewi mengatakan, gelaran pesta rakyat itu  sebagai wujud apresiasi kepada pimpinan dan warga Karangasem, Bali. Di mana PT. ASDP Lembar-Padangbai berada di lingkungan operasional layanan penyeberangan Padangbai-Lembar dan menjadi urat nadi transportasi dari Pulau Bali menuju Pulau Lombok, NTB. “Penyeberangan Padangbai-Lembar termasuk jalur tersibuk yang menghubungkan Bali dan Lombok, dengan pergerakan penumpang dan angkutan logistik yang cukup besar mengingat keduanya merupakan destinasi favorit pariwisata di Indonesia,” tutur Ira.
Ditambahkan, melalui kegiatan pesta rakyat itu, diharapkan warga Karangasem dapat merasakan kehadiran angkutan sungai danau dan penyebrangan (ASDP) secara nyata. Sebagai korporasi bisnis yakni sebagai badan usaha milik Negara, tidak hanya fokus pada kegiatan yang mendatangkan profit bisnis, tetapi juga melakukan kegiatan melibatkan masyarakat di sekitarnya dalam bentuk perusahaan peduli lingkungan.“Kami mengapresiasi dukungan  masyarakat Karangasem yang selalu mendukung ASDP dalam membangun daerah yang kita cintai ini,” ujarnya.
Sesuai dengan motto ASDP “Bangga Menyatukan Nusantara”,  kegiatan pesta rakyat yang digelarnya baru pertamakali di Padangbai itu, diharapkan juga dapat menyatukan seluruh elemen masyarakat Karangasem.
Saat itu, banyak aktivitas menarik yang digelar mulai dari bazaar UMKM, pertunjukan tarian tradisional dari masyakarat Karangasem, wahana permainan untuk anak, pertunjukan band, stand up comedy khas Bali, serta pemberian apresiasi hadiah bagi warga Karangasem yang hadir dengan kostum terbaik.
Kegiatan pesta rakyat itu terselenggara dengan baik melalui dukungan mitra sponsor BUMN dan swasta yang juga memiliki basis layanan dan kepedulian terhadap warga Karangasem,  yakni sejumlah perusahaan BUMN yang juga bergerak di Karangasem, termasuk perbankan nasional BUMN.
Guna memeriahkan pesta rakyat itu,  pada gelaran pesta rakyat  itu juga diserahkan penghargaan kepada warga Karangasem lainnya sebagai pahlawan lokal dengan kategori pendidikan, kategori kebudayaan, kategori kesehatan, kategori lingkungan, serta kategori komunitas pecalang. bud

BAGIKAN