Bagus Arya Kusuma, Kesehatan Prioritas  

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang salah satunya membatasi jam buka usaha pada malam hari yang berlaku 11-25 Januari 2021, rencananya diperpanjang. 

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang salah satunya membatasi jam buka usaha pada malam hari yang berlaku 11-25 Januari 2021, rencananya diperpanjang.  Bagus Arya Kusuma, S.Sos., M.M.,  tidak mempermasalahkan pembatasan tersebut karena bertujuan menekan kasus Covid-19.

“Kita menyadari bahwa kesehatan itu penting. Di sisi lain, di tengah pandemi Covid-19, banyak pelaku UMKM di Tabanan yang menjadi korban jiwa,” tutur Bagus Arya yang menjabat sebagai Ketua International Council For Small Business (ICSB) Kabupaten Tabanan.

Bercermin dari itu, prioritas untuk bisa mendorong ekonomi kembali bangkit adalah di bidang kesehatan.  Menurutnya, ekonomi memang penting, tapi kesehatan tetap menjadi prioritas. Upaya pemerintah menekan kasus Covid-19 memberikan optimisme bagi pelaku usaha. “Mudah-mudahan gencarnya pemerintah melakukan vaksinasi Covid-19 bisa membawa dampak baik bagi kondisi ekonomi,” ujarnya.

Di sisi lain, Bagus Arya yang juga pemilik usaha Padma Medikal Husada (Padma Herbal), minta pelaku usaha UMKM jeli berusaha termasuk dalam mengakses permodalan dari kalangan perbankan di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah bank sudah membuka peluang dengan memberi kredit bersuku bunga murah. Tetapi untuk mengakses kredit murah tersebut, para pelaku UMKM dituntut membentuk kelompok usaha sejenis.

“Dari segi volume, dengan berkelompok akan mampu menjaga kontinuitas produksi. Sementara dari sisi perbankan, hal tersebut akan menjadi nilai lebih bagi terjaminnya kesehatan kredit yang disalurkan,” pungkasnya. *man

BAGIKAN