Badung Berkomitmen Permudah Perizinan dan  ’’Branding’’ Produk UMKM

SEBAGAI wujud perhatian dan dalam upaya mendukung tumbuhnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen memberikan kemudahan dalam pengurusan perizinan.

RAPAT - Wabup Suiasa saat memimpin rapat perizinan UMKM untuk percepatan pemulihan ekonomi di Kabupaten Badung, bertempat di Puspem Badung, Kamis (4/2) kemarin.

SEBAGAI wujud perhatian dan dalam upaya mendukung tumbuhnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen memberikan kemudahan dalam pengurusan perizinan. “Sebagai bentuk dukungan terhadap keberadaan UMKM, Pemkab siap mem-back-up dalam hal kemudahan pengurusan perizinan hingga branding produk UMKM agar semakin berkualitas dan mampu bersaing dengan produk lain di pasaran,” kata Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat memimpin rapat perizinan UMKM untuk percepatan pemulihan ekonomi di Kabupaten Badung, bertempat di Puspem Badung, Kamis (4/2) kemarin. Rapat dihadiri Kepala Balitbang Badung Wayan Suambara, Kepala DPMPTSP Agus Aryawan dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Made Widiana.

Lebih lanjut Wabup Suiasa menyampaikan, Pemkab Badung memberikan perhatian serius dalam menumbuhkembangkan sektor UMKM di tengah masyarakat, karena UMKM terbukti sanggup bertahan dalam kondisi yang susah maupun dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini. Untuk itu pihaknya terus mendorong masyarakat agar bisa berkomunitas dan berkolaborasi untuk mendirikan UMKM. Tujuannya, UMKM bisa tumbuh bergeliat sehingga bisa mengurangi dampak pandemi Covid-19, terutama dampak sosial-ekonomi.

“Seperti yang kita ketahui bersama pada saat ini banyak masyarakat kita yang mengalami kesusahan akibat pandemi. Kalau UMKM hadir setidaknya bisa mengakomodir dan mengurangi pengangguran terbuka yang ada di Kabupaten Badung. Untuk itulah kami berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal pengurusan izin UMKM,” ujarnya.

Wabup Suiasa juga berharap masyarakat ikut berpartisipasi dalam mendorong geliat UMKM di Kabupaten Badung, termasuk memberikan saran dan kritik dalam kebijakan terkait UMKM. “Kami ingin masyarakat ikut aktif dalam menggeliatkan sektor UMKM, karena Pemkab Badung berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM sebagai upaya kita bangkit dalam sektor ekonomi di masa pandemi,” ungkapnya.

Wabup Suiasa juga berpesan agar dalam menumbuhkembangkan UMKM, melakukan pendekatan dengan upaya 5M yaitu management, money, man, marketing dan materia. “Ini harus kita lakukan sebaik-baiknya agar UMKM ini berjalan dan mohon dibantu oleh teman-teman semua agar berjalan dengan baik,” pungkasnya. *adv

BAGIKAN