Audiensi IBI Kabupaten Karangasem, Bupati Mas Sumatri Minta Bidan Maksimalkan Pelayanan di Tengah Pandemi Covid-19

Bidan di Kabupaten Karangasem diharapkan dapat terus berperan untuk menciptakan akses pelayanan kebidanan.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menerima audiensi IBI Kabupaten Karangasem.

Amlapura (bisnisbali.com) –Bidan di Kabupaten Karangasem diharapkan dapat terus berperan untuk menciptakan akses pelayanan kebidanan. Hal ini mengingat kebidanan hingga saat ini dianggap memiliki peranan yang sangat penting untuk perempuan di Karangasem.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Jumat (7/8) kemarin, mengatakan, hak seorang perempuan ada pada keberadaan dan peran bidan. “Akses perempuan untuk mendapat pelayanan itu menjadi yang utama. Apalagi di tengah pandemi covid ini, saya harap bidan bisa ikut serta berperan memutus mata rantai Covid-19,” ujarnya saat menerima audiensi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Karangasem di ruang rapat Bupati Karangasem.

Bupati berharap para petugas kesehatan termasuk bidan memiliki semangat tinggi dalam melaksanakan tugas ataupun dalam menjalankan perannya di organisasi. “Bidan bisa melakukan apa pun, kinerja semakin baik walau di tengah pandemi. Bidan adalah perempuan, buktikan para perempuan bisa menjalankan berbagai perannya sebagai seorang ibu, istri, pelayan masyarakat bahkan mengurus sebuah organisasi,” tegasnya.

Bupati Mas Sumatri juga memberikan apresiasi kepada IBI Kabupaten Karangasem yang telah mengabdi dan memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. “Terima kasih kepada IBI Karangasem. Mudah-mudahan tetap jaya selalu dan memberikan yang terbaik pengabdiannya kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Mudah-mudahan pengabdian IBI yang tanpa pamrih untuk melayani masyarakat. Kita doakan semua IBI Kabupaten Karangasem dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Dalam pertemuan ini, Bupati Mas Sumatri juga menyampaikan Pemkab Karangasem telah menyiapkan sejumlah hotel sebagai lokasi karantina petugas medis yang menangani Covid-19. Hal itu menyusul semakin banyaknya pasien terduga hingga yang terinfiksi virus corona baru ini. “Mengingat semakin banyaknya penambahan pasien setiap harinya, tentu tenaga medis dari dokter, perawat, pegawai rumah sakit atau bahkan bidan akan semakin banyak menangani pasien terpapar Covid-19. Kita harus antisipasi jika ada tenaga medis yang terpapar. Pemerintah siap memfasilitasi lokasi karantina untuk mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IBI Karangasem Ni Wayan Eka Wati yang didampingi tiga orang pengurus IBI menyampaikan, lima orang anggota IBI sempat terpapar Covid-19. Satu orang bertugas di Kubu, tiga orang di RSUD dan satu orang bertugas di puskesmas Sidemen. “Astungkara kini teman-teman kami sudah dinyatakan sehat dan kembali dengan keluarganya,” ucapnya.

Terkait sejumlah agenda kegiatan yang sebelumnya tertunda akibat pandemi Covid-19, dia menyebut, akan segera dilaksanakan kembali. “Inilah tujuan utama kami menemui Ibu Bupati. Kami ingin menyampaikan beberapa agenda yang tertunda sebelumnya dan akan segera kami laksanakan,” jelasnya.

Agenda kegiatan dimaksud di antaranya, pelantikan Pengurus Cabang IBI Karangasem periode 2018-2023. Agenda tesebut juga akan disinkronkan dengan pembentukan sekaligus melantik pengurus Ranting IBI RSUD Karangasem serta pengukuhan Bidan Delima. Kegiatan akan dilaksanakan tanggal 14 Agustus 2020 di Wantilan Nawa Satya Pemkab Karangasem. Dana bersumber dari kas IBI dan iuran serta dibantu oleh mitra kerja IBI. Kegiatan akan memenuhi standar protokol kesehatan. “Kami rencananya akan menyiapkan 100 alat tes rapid atau tes cepat deteksi Covid 19 bagi para peserta yang akan mengikuti kegiatan dimaksud guna mencegah klaster penyebaran Covid,” tutupnya. *adv/bud

BAGIKAN