Antisipasi Corona, Kebun Raya Bedugul pun Tutup Sementara

Untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan penutupan sementara empat kebun raya yang dikelola LIPI.

TUTUP - Plang terpasang yang menandakan Kebun Raya Eka Karya Bali ditutup.

Tabanan (bisnisbali.com) –Untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan penutupan sementara empat kebun raya yang dikelola LIPI. Salah satunya Kebun Raya Eka Karya Bali. Penutupan sementara dilakukan mulai Kamis (19/3) hingga Selasa (31/3).

“Penutupan sementara ini memang instruksi dari LIPI. Secara nasional ada empat kebun raya yang ditutup, yakni Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Eka Karya Bali,” tutur Oprasional Manajer PT Mitra Natura Raya, Teguh Dwiyanto yang merupakan pihak ketiga dari pengelola Kebun Raya Eka Karya Bali, di Tabanan,  Kamis (19/3).

Terangnya, penutupan sementara ini merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen LIPI untuk ikut serta menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam situasi pandemik virus corona. Imbuhnya, selama penutupan dilakukan langkah-langkah pencegahan, seperti penyemprotan disinfektan ke seluruh fasilitas publik yang ada di Kebun Raya. Selain itu, juga dilakukan mekanisme pengaturan kerja pegawai agar koleksi tumbuhan kebun raya tetap terawat.

“Ketika nanti dibuka kembali, kebun raya tetap nyaman, rapi dan dalam kondisi terpelihara baik untuk dikunjungi masyarakat,” ujarnya.

Jelas Teguh, perihal penutupan ini sudah diinfokan dengan memasang pengumuman di depan pintu masuk Kebun Raya Eka Karya Bali. Selain itu, dan pihaknya juga sudah mengedukasi terhadap pengunjung yang sudah telanjur datang. Katanya, meski penutupan direncanakan sampai (31/3) nanti, tidak menutup kemungkinan waktu tersebut akan bisa diperpanjang lagi sesuai dengan kondisi pada saat itu.

Sementara itu, paparnya, selama ini khususnya saat kondisi normal angka kunjungan wisatawan ke Kebun Raya Eka Karya Bali saat weekday mencapai 500-700 orang per hari, saat weekend 1.000 – 1.500 orang per hari. Diakuinya, dengan penutupan sementara ini tentu berpengaruh pada pendapatan dari tiket masuk yang berkurang sekitar 60-70 persen per bulan. Meski begitu, bagi Kebun Raya Eka Karya Bali yang utama adalah kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam upaya pencegahan virus corona yang mewabah sekarang ini. *man

BAGIKAN