Anggota DPRD Gianyar Nyoman Kandel Panen Demplot Padi Organik Mandiri

Panen padi organik di Demplot Padi Organik Mandiri, di Subak Susut, Desa Buahan, Payangan, Gianyar, Sabtu (3/10).

 

 

Gianyar (Bisnis Bali)-
Anggota DPRD Gianyar Dapil Payangan-Tegallalang I Nyoman Kandel melakukan panen padi organik di Demplot Padi Organik Mandiri, di Subak Susut, Desa Buahan, Payangan, Gianyar, Sabtu (3/10).
Anggota DPRD Gianyar, I Nyoman Kandel di sela-sela acara panen padi organik mengungkapkan, mendukung dilaksanakan demplot pertanian organik oleh anggota subak yang bekerja sama dengan supplier pupuk organik. Ini apalagi pertanian organik dilaksanakan secara mandiri atau swadaya.
Ia menjelaskan penerapan pertanian organik
ini menunjukkan komitmen anggota subak untuk selalu berupaya meningkatkan produksi baik secara kuantitas maupun kualitas.
Nyoman Kandel mengapresiasi Demplot Padi Organik Mandiri dilakukan anggota Subak Susut Desa Buahan Payangan. Ini terlebih hasilnya nyata mampu meningkatkan produksi padi sebelumnya hanya 6 ton per ha, menjadi 8,5 ton per ha. “ Ini patut dijadikan contoh oleh petani lainnya,” ucapnya.
Pekaseh Subak Susut Buahan Payangan, I Wayan Sabar mengatakan, sesungguhnya semangat petani masih tetap tinggi. Ini dikarenakan satu-satu penghasilan adalah dengan bercocok tanam.
Hanya saja, untuk melanjutkan profesi sebagai petani mereka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Ini baik dari sisi penyediaan sarana produksi, pemasaran hasil dan perlindungan kepada petani itu sendiri.
Sabar menyampaikan sejak pandemi Covid-19, banyak generasi muda yang terjun sebagai petani. Padahal, pekerjaan sebagai petani lama sudah ditinggalkan generasi muda karena bekerja di sektor pariwisata. “Sekarang ini di Subak Susut banyak generasi muda mau berlumpur hidup sebagai petani,” ungkapnya.
Selain itu, Sabar berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan hand sprayer dan dores yang diserahkan langsung Anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip beberapa waktu lalu, yang sangat bermanfaat bagi petani.
Made Juliawan, dari supplier pupuk GDM mengatakan, sangat menguntungkan bertani dengan aplikasi pupuk GDM seperti contoh di Subak Susut. Pupuk GDM merupakan pupuk organik cair yang bisa diaplikasikan pada berbagai jenis tanaman termasuk tanaman padi. ” Aplikasi pemanfaatan pada padi mampu meningkatkan produksi sampai 30 persen,” katanya.
Kegiatan panen padi organik ini dihadiri PPL, Pekaseh, Perbekel Buahan, Perbekel Buahan Kaja, Perbekel Bresela, sejumlah praktisi pertanian, dan Pengurus PAC PDIP Kecamatan Payangan.
Pada kegiatan panen tersebut juga dilakukan demo pengunaan alat panen tradisional dengan kranjang dan demo pengunaan alat panen dengan dores.*

Panen padi organik di Demplot Padi Organik Mandiri, di Subak Susut, Desa Buahan, Payangan, Gianyar, Sabtu (3/10).
BAGIKAN