Andalkan Keunikan Batik Bali

BATIK Bali coraknya lebih dinamis dibanding batik dari daerah lainnya.

BATIK Bali coraknya lebih dinamis dibanding batik dari daerah lainnya. Tidak terpaku pada satu corak tertentu dan warnanya lebih beragam, sehingga dapat diolah menjadi sesuatu yang berbeda dari yang lainnya. Hal itu diungkapkan Owner Neira Pockets Ditta Rachmawati.

Keunikan batik Bali itulah yang membuatnya tertarik mengkreasikannya menjadi beragam produk. “Mungkin selama ini hanya digunakan untuk membuat kemeja saja. Tapi kalau kita mau berinovasi dan berkreasi, banyak sekali yang bisa kita gali untuk membuat sesuatu yang beda dari yang sudah ada,” ujarnya.

Neira Pockets merupakan salah satu brand produk handmade berbasis batik Bali yang dikombinasikan dengan bahan-bahan bermutu lainnya. Berdiri sejak 2016 di Tabanan, Neira Pockets hingga kini konsisten mengkreasikan batik Bali menjadi berbagai karya handmade seperti tas, pouch, dompet dan lain-lain. “Batik Bali menjadi pilihan kami karena memiliki keunikan motif yang cenderung dinamis dan modern,” imbuhnya.

Di samping batik Bali, pihaknya juga mengolah bahan asesories kawat tembaga menjadi produk seperti bros. Ketekunan, ketelatenan, kesabaran, fokus, waktu dan tenaga, sangatlah dibutuhkan untuk menghasilkan asesoris handmade. “Kalau untuk tas, untuk craft batik Balinya itu kita buat top bag, sling bag, tas kosmetik, dasi, celemek,” kata Ditta.

Dia menceritakan, awalnya pihaknya menyasar customer lokal. Namun lambat laun, ada beberapa koleganya dari luar negeri yang setiap kali ada pameran produk lokal Indonesia di PBB, mereka memesan produk dari Neira Pockets untuk dipamerkan di ajang tersebut. Dari sinilah pesanan muncul. Ada pula warga negara asing yang tertarik membeli setelah melihat promosi di media sosial.

Lebih lanjut Ditta menjelaskan, pandemi Covid-19 bukan halangan bagi pihaknya untuk berkarya. Bahkan, momen ini menjadi berkah tersendiri karena pihaknya bisa menjual masker berbahan batik Bali. “Permintaannya itu memang benar-benar melonjak sekali dari bulan Maret tahun lalu sampai sekarang. Makanya saya sangat bersyukur di balik musibah ada berkah yang bisa mendongrak penghasilan,” ujarnya.

Untuk bisa terus bersaing di bisnis ini, Neira Pockets harus siap berinovasi. Inovasi terpenting adalah dari sisi kualitas produk. Dalam hal ini pihaknya tidak mau main-main dan selalu mengutamakan kepuasan pelanggan.

“Ciri khas dari Neira Pockets itu sendiri adalah pemilihan motif dari batik Bali itu sendiri. Kami bermain di motif dan warna dan ini memang benar-benar unik untuk batik Balinya. Kalau konsumen datang ke Neira Pockets pasti yang pertama ditanya adalah motif yang terbaru. Di sanalah keunggulan kami di Neira Pockets sehingga konsumen selalu penasaran untuk selalu datang mencari motif-motif terbaru sehingga kami selalu bisa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen kami,” tandasnya. *suk

BAGIKAN