ALFI dan Aptrindo Pererat Sinergi dengan Pelindo III untuk Tingkatkan Ekspor Bali

ALFI Bali bersama Aptrindo Bali mempererat jalinan sinergi dengan Pelindo III guna peningkatan ekspor produk UKM Bali.

 

ALFI Bali bersama Aptrindo Bali mempererat jalinan sinergi dengan Pelindo III guna peningkatan ekspor produk UKM Bali.

Lancarnya pengiriman produk ekspor UKM Bali secara tidak langsung akan meningkatkan kegiatan ekspor Bali. Ketua DPW ALFI Provinsi Bali, AA. Bayu Joni Jumat (26/6) mengatakan guna meningkatkan ekspor ALFI Bali bersama Aptrindo Bali menjalin sinergi dengan Pelindo III untuk meningkatkan ekspor produk UKM Bali.

Diungkapkannya, asosiasi ALFI akan terus bersinergi dengan pemerintah termasuk Pelindo III selaku Otoritas Pelabuhan Benoa. Lancarnya pengiriman produk ekspor Bali baik melalui jalur darat maupun jalur laut akan meningkatkan index ekspor Bali ke negara pasar. ” Untuk itu, ALFI akan terus meningkatkan sinergi dengan pemerintah guna memperlancar pengiriman produk ekspor UKM Bali,” ucapnya.
Bayu Joni melihat kerjasama dengan Pelindo III juga untuk meningkatkan daya saing export, dan memperjuangkan Benoa sebagai Pelabuhan ekspor-import.
Sesuai Inpres No. 5 Tahun 2020, sinergi ALFI, Aptrindo dan Pelindo III mewujudkan Indonesia logistik ecosistem yang berdaya saing dan efisien.” Ini menjaga kelancaran arus barang supply chain dan conectivity,
Sesuai MoU ALFI optimalisasi Benoa conect dengan second feeder dan berdaya saing,” ucapnya.
AA. Bayu Joni menegaskan kelancaran barang export harus jadi prioritas. Ini karena terkait schedule dan industri strategis sesuai intruksi presiden. Export Bali berupa kerajinan handycraft dari UKM yang menjadi pejuang devisa bagi Indonesia.
Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Bali, Wayan Sukrayasa mengatakan Aptrindo bersama ALFI dalam masa pandemi covid-19 tetap mensupport pemasaran produk UKM Bali. Sektor UKM banyak menyerap tenaga kerja bisa mengurangi tingkat pengangguran.
Sukrayasa menjelaskan Aptrindo terus mendorong peningkatan kinerja export import UKM Bali. Upaya ini mendorong peningkatan ekspor Bali merujuk Inpres No 5/2020.
Dengan sinergi Aptrindo, ALFI dan Pelindo III akan terciptanya kelancaran pengiriman produk ekspor UKM Bali. Ini terwujud karena adanya sinergi yang ideal dan berkesinambungan semua stakeholder.
Wayan Sukrayasa meyakini peran Pelindo sangat tinggi untuk meningkatkan kinerja anggota Aptrindo, ALFI, dan Asephi dalam meningkatkan ekspor. ” Ini untuk mendukung peningkatan kinerja export impor UKM di Bali,” ucapnya.*Kup

BAGIKAN