Aktivitas Koperasi tak Terganggu Corona

Ancaman virus corona tidak mengganggu aktivitas transaksi di koperasi.

Gianyar (bisnisbali.com) –Ancaman virus corona tidak mengganggu aktivitas transaksi di koperasi. Ketua Pengurus KSP Kopdit Kubu Bingin Bali, I Nyoman Arjawa, Rabu (18/3) mengatakan walaupun ada ancaman penyebaran virus corona aktivitas penyetoran maupun penarikan simpanan di koperasi berjalan dengan normal.

Arjawa mencontohkan, aktivitas di KSP Kopdit Kubu Bingin  berjalan sebagai hari seperti biasa. Anggota melakukan aktivitas penyetoran dana tabungan maupun melakukan pinjaman kredit.

Ia menjelaskan semua karyawan koperasi dan anggota yang kebetulan menabung dan meminjam diarahkan mengikuti imbauan pemerintah menjaga kesehatan. “Terpenting menjaga kebersihan, kesehatan dan rajin mencuci tangan,” ucapnya.

Arjawa memaparkan transaksi pengaetan dana pihak ketiga berjalan normal. Ini membuktikan aktivitas ekonomi masyarakat berjalan normal.  Sama halnya dengan penyuran pinjaman berjalan secara normal. Dana idle di KSP Kopdit Kubu Bingin tergolong sangat kecil.

Dari Rp 13 miliar dana yang akan disalurkan dalam bentuk pinjaman ke anggota masih tersisa Rp 1 miliar. “Sisa dana yang akan disalurkan dalam bentuk diyakinkan bisa disalurkan secara optimal melihat tingginya permohonan kredit dari anggota.

Nyoman Arjawa meyakinkan masih tingginya aktivitas penempatan dana pihak ketiga dan peminjaman kredit membuktikan tingginya kepercayaan masyarakat dan anggota terhadap koperasi. ” Diharapkan virus corona dapat cepat teratasi, sehingga kegiatan ekonomi masyarakat bisa semakin menggeliat,” tegas Arjawa.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar, Dewa Putu Mahayasa membenarkan aktivitas koperasi di Kabupaten Gianyar berlangsung dengan normal. ” Walaupun sekolah mengarahkan siswa belajar di rumah, karyawan koperasi di Gianyar terpantau beraktivitas seperti biasa,” ucapnya.

Dewa Mahayasa berharap walaupun dunia sedang menghadapi wabah corona aktivitas ekonomi di Gianyar diharapkan tetap bergeliat. Koperasi diharapkan bisa tetap optimal memberikan layanan keuangan kepada masyarakat sehingga aktivitas ekonomi berjalan dengan lancar. *kup

BAGIKAN