Ajang Pameran, Dekatkan IKM dengan Konsumen

Keberadaan industri kecil dan menengah (IKM) sulit untuk berkembang karena masalah pasar.

Gianyar (bisnisbali.com) Keberadaan industri kecil dan menengah (IKM) sulit untuk berkembang karena masalah pasar. Guna mendekatkan sektor IKM dengan konsumen, bisa difasilitasi melalui ajang pameran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suary didampingi Kabid Perdagangan, Wayan Darmayasa, Senin (13/1) mengatakan, pasar yang digarap sektor IKM tidak hanya skala lokal, nasional dan internasional. Untuk menggarap pasar nasional, pelaku IKM memang harus dilibatkandalam ajang pameran di luar daerah seperti pameran Inacraft.

Eka Suary menjelaskan, untuk menggarap pasar lokal pelaku IKM diberikan untuk mengikuti pameran seperti dalam HUT Kota Gianyar. Pameran ini memang murni dilaksanakan untuk mendukung para pelaku IKM di Kabupaten Gianyar. “Kami harapkan produk IKM di Kabupaten Gianyar dapat bersaing dengan aneka produk dari luar,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Eka Suary, melalui ajang pameran ini, pelaku IKM di Gianyar termotivasi menciptakan desain dengan inovasi baru. Hal ini diharapkan produk-produk yang ditampilkan memiliki daya saing tinggi. “Dengan produk inovasi, sektor IKM Gianyar ini akan mudah diserap pasar,” katanya.

Sementara itu, Wayan Darmayasa menambahkan, komoditi unggulan IKM Kabupaten Gianyar seperti perak, tenun, kayu, dan lukisan. IKM yang dimediasi pameran diutamakan IKM yang sedang tumbuh sehingga perlu dibukakan celah pasar. Sementara IKM yang sudah berkembang besar umumnya sudah memilih mengikuti pameran nasional dan internasional secara mandiri. *kup

BAGIKAN