Agustus, Mulai Tumbuh Kedatangan Wisatawan Domestik melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai

 


PTS General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rahmat Adil Indrawan Senin (17/8) menyampaikan kabar menggembirakan dalam wujud pertumbuhan penumpang rute domestik yang terlayani selama periode libur akhir pekan ini (14-16 Agustus 2020), dibandingkan dengan periode libur Hari Raya Idul Adha (31 Juli-2 Agustus 2020). “Sejak tanggal 14 Agustus 2020, kita sudah mengalami peningkatan penumpang yang lumayan, kurang lebih 1.000 hingga 1.500 penumpang per hari, yang mana berkebetulan dengan libur panjang 17 Agustus,” tambahnya.
Pada periode libur Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus 2020 silam, tercatat sejumlah 6.394 penumpang rute domestik memasuki Bali via pesawat udara, atau terdapat 2.131 penumpang yang tiba selama 3 hari tersebut. Sementara pada periode libur akhir pekan tanggal 14-16 Agustus 2020, tercatat sebanyak 11.181 penumpang tiba di Bali melalui penerbangan rute domestik, di mana rata-rata per harinya sebanyak 3.727 penumpang terlayani di Terminal Kedatangan Domestik. Jika dibandingkan, terdapat pertumbuhan sebesar 75 persen, serta terdapat pertumbuhan rata-rata harian sebanyak 1.596 penumpang dalam perbandingan kedua periode libur akhir pekan tersebut.
Dalam rangkaian peringatan HUT ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia di bandar udara, manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola bandar udara turut menggelar kegiatan ARFF Challenge. Dalam kegiatan ini, unit Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) menggelar serangkaian lomba ketangkasan personel yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas personel serta kerja sama tim.
“Tujuannya untuk melatih para personel Pemadam Kebakaran Bandar Udara, supaya bisa dengan lincah, cepat, dan responsif melakukan evakuasi maupun pemadaman jika terjadi kecelakaan. “Dengan melakukan hal ini, kita senantiasa terus menerus memperbaiki performa para _fire fighters_ kita,” lanjut Rahmat Adil.
Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai menggelar peringatan HUT ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia. Secara official tidak melakukan upacara, tapi dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di terminal domestik, yang mana seluruh penumpang, petugas, maupun pelayan yang ada di area komersial berdiri dan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan.
Rahmat Adil menambahkan dengan harapan terkait peningkatan kembali pariwisata di Bali. “Mudah-mudahan, dengan momentum libur panjang akhir pekan ini menjadi momen di mana penumpang domestik kembali traveling dan kembali meningkatkan perekonomian dan pariwisata di Pulau Bali ,” pungkasnya. *Kup

BAGIKAN