A.A. Bagus Bayu Joni Saputra, Jalin Sinergi Berbagi Pasar

ANGGOTA Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) Bali bekerja sama dengan Angkasa Pura Logistik dalam pengiriman produk UMKM Bali ke pasar ekspor melalui jalur udara.

ANGGOTA Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) Bali bekerja sama dengan Angkasa Pura Logistik dalam pengiriman produk UMKM Bali ke pasar ekspor melalui jalur udara. Ketua ALFI/ILFA Provinsi Bali A.A. Bagus Bayu Joni Saputra sangat mengapresiasi Angkasa Pura yang telah memberikan kemudahan kepada anggota ALFI untuk memanfaatkan fasilitasnya terutama dalam menunjang angkutan logistik produk UMKM di Bali.

Diungkapkannya, sebagai BUMN, Angkasa Pura memiliki anak perusahaan Angkasa Pura Logistik yang bergerak di bidang pengiriman produk ekspor impor. Anggota ALFI di sektor swasta tentunya tidak mungkin bisa bersaing dengan Angkasa Pura Logistik.

Bayu Joni menjelaskan, dalam pengiriman produk ekspor impor melalui jalur udara, anggota ALFI tidak berkompetisi dengan Angkasa Pura Logistik. Sebaliknya, anggota ALFI bekerja sama dengan Angkasa Pura Logistik untuk mempermudah pengiriman produk ekspor UMKM Bali. “Sinergi ini diwujudkan Angkasa Pura Logistik dengan berbagi pasar dengan anggota ALFI,” ucapnya.

Dipaparkannya, pengiriman produk ekspor Bali melalui jalur udara mengalami penurunan sampai 90 persen dikarenakan tidak adanya penerbangan dari luar negeri akibat pandemi Covid-19.  Produk UMKM Bali yang hanya tersisa 10 persen mesti diterbangkan dulu ke Jakarta dan selanjutnya menuju negara pasar. “Peluang pengiriman 10 persen melalui jalur udara inilah yang dibagi Angkasa Pura Logistik dengan anggota ALFI Bali,” jelasnya.

ALFI Bali sangat mengapresiasi kebijakan Angkasa Pura melibatkan ALFI duduk bersama dalam menentukan tarif pemanfaatan fasilitas Angkasa Pura. Ada titik temu tarif seperti tarif sewa tempat di Angkasa Pura yang tepat agar tidak mengurangi daya saing produk ekspor UMKM Bali dalam masa pandemi Covid-19.

Bagus Bayu Joni Saputra menambahkan, kewajiban ALFI menjembatani komunikasi yang baik antara perusahaan logistik di Bali, Angkasa Pura dan Angkasa Pura Logistik. “Yang utama anggota ALFI bekerja sama dengan Angkasa Pura Logistik agar bisa memperlancar pengiriman produk ekspor UMKM Bali melalui jalur udara,” tegas Wakil Ketua Kadin Bali ini.  *kup

BAGIKAN