900 Anak PAUD Ikuti Gebyar Pemberian Vitamin A

Sebanyak 900 anak dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Klungkung mengikuti Gebyar Integrasi Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan serta Pemberian Vitamin A

VITAMIN A - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Ketua TP PKK Ny. Ayu Suwirta memberi vitamin A kepada balita pada Gebyar Integrasi Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan serta Pemberian Vitamin A.

Semarapura (bisnisbali.com) –Sebanyak 900 anak dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Klungkung mengikuti Gebyar Integrasi Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan serta Pemberian Vitamin A bertempat di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Selasa (25/2).

Kegiatan yang berlangsung serentak di Provinsi Bali tersebut dihadiri Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta bersama pengurus dan anggota, Sekda Klungkung  I Gede Putu Winastra, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Klungkung Ida Bagus Ketut Mas Ananda, perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, OPD Pemkab Klungkung serta undangan terkait.

Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta mengatakan Februari merupakan bulan vitamin A yang diperuntukkan kepada bayi dan balita. Untuk kegiatan kali ini melibatkan 900 anak dari TK/PAUD di Kabupaten Klungkung. “Kegiatan ini diikuti 900 anak TK/PAUD dari sembilan TK dengan dibantu empat Posyandu, yakni Posyandu Banjar Gingsir Akah, Posyandu Banjar Kaleran Manduang, Posyandu Banjar Mincidan Paksebali, dan Posyandu Tohpati Kawan,” ujar Ayu Suwirta.

Dikatakannya, bulan ini menjadi lebih bermakna lagi karena di samping vitamin A juga dilaksanakan operasi timbang sebagai momentum upaya mencegah dan menanggulangi stunting di Kabupaten Klungkung yang melibatkan 100 balita yang dibantu oleh empat posyandu, serta kegiatan pembelajaran dan pemberian vitamin kepada 20 ibu hamil.

“Manfaat pemberian vitamin A pada balita adalah untuk menghindari anak dari kebutaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko kematian pada anak dan mengurangi tingkat keparahan penyakit diare dan campak. Sedangkan pemberian obat cacing adalah mencegah kecacingan pada anak yang dapat menimbulkan kekurangan darah dan kekurangan gizi dengan rutin mengikuti kegiatan operasi timbang,” jelas Ayu Suwirta.

Sementara itu Bupati Suwirta dalam kesempatan tersebut berharap dengan pemberian vitamin A dan obat cacing diharapkan anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan kuat. “Saya mengajak bapak/ibu semua, ayo ke posyandu secara rutin dan dapatkan vitamin A dan obat cacing sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu Februari dan Agustus demi terwujudnya balita yang sehat, cerdas menuju masyarakat Klungkung yang unggul dan sejahtera,” ajak Bupati Suwirta. *adv

BAGIKAN