7.200 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tabanan

Jatah vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Tabanan akhirnya tiba, Selasa (26/1)

VAKSIN - Ribuan vaksin Covid-19 tiba di Tabanan, Selasa (26/7) kemarin.

Tabanan (bisnisbali.com) –Jatah vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Tabanan akhirnya tiba, Selasa (26/1) kemarin. Kedatangan vaksin yang mendapat pengawalan cukup ketat dari petugas gabungan TNI, kepolisian, serta Dinas Kesehatan. Begitu tiba, vaksin disimpan di Cold Room UPTD Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Tabanan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Susila mengungkapkan, jumlah vaksin Covid-19 yang diberikan untuk Kabupaten Tabanan sebanyak 7.200 vial. Rencananya, Rabu (27/1) hari ini, akan dilaksanakan launching vaksinasi di BRSU Tabanan yang diikuti oleh jajaran Muspida, sejumlah tokoh masyarakat dan setelah itu berlanjut ke jajaran terkait dari Dinas Kesehatan termasuk tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas.

“Nakes yang siap divaksin atau sudah mengantongi e-tiket mencapai 3.529 orang. Dari jatah tersebut, pelaksanaan vaksin ini kami targetkan tuntas Februari dengan dua kali kegiatan vaksin,” tuturnya.

Menurut Susila, Tabanan sudah menyiapkan 28 tempat pelayanan dalam rangka vaksinasi Covid-19. Di antaranya, di semua puskesmas, rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta dan di klinik Rindam. Di masing-masing tempat pelayanan vaksin disiapkan 6 orang vaksinator dan kemungkinan jumlah tersebut berpotensi bertambah lagi karena bisa on job training.

“Kami juga siap terkait pengawasan hingga distribusi ke 28 titik layanan, dimana sudah dimohonkan kepada Kapolres Tabanan dan Dandim untuk bersama lakukan pengawasan sampai selesai proses vaksinasi dan jatah vaksin untuk Tabanan sudah kosong,” ujarnya.

Di sisi lain, meningkatnya kasus Covid-19 di Tabanan khususnya berstatus OTG seiring dengan kian masifnya tracing yang dilakukan, Pemkab Tabanan sudah menyiapkan tempat isolasi terintegrasi. Selain itu, antisipasi lonjakan juga dilakukan dari sisi pelayanan tempat untuk pengobatan di rumah sakit. Yakni, meminta rumah sakit swasta yang ada di Kabupaten Tabanan agar menyiapkan minimal 30 persen dari tempat tidur yang ada di masing-masing rumah sakit.

“Saya sudah minta, atas nama Bupati dan Wakil Bupati Tabanan, untuk meminta Kadis Kesehatan bersurat kepada rumah sakit swasta agar menyiapkan minimal 30 persen dari tempat tidur yang ada guna mengantisipasi bila mengalami lonjakan,” tandasnya.

Dengan berbagai upaya tersebut, diharapkan kasus Covid-19 akan menurun. Ditambahkannya, selama ini sudah sangat massif lakukan pembinaan dan penanganan, baik pembubaran kerumunan bersama Polres dan Dandim. Tapi nampaknya masih ada saja penyebaran yang belum bisa dikendalikan, terutama dari klaster keluarga, upacara adat sehingga pengawasan akan diperketat.

Sementara itu, Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S. Siregar, S.I.K., M.H yang turut hadir menyaksikan kedatangan vaksin Covid-19 menegaskan, kepolisian siap dan akan melakukan pengamanan tempat penyimpanan maupun pendistribusian vaksin Covid-19 ke tempat pelayanan vaksinasi. Dia juga mengimbau, adanya vaksin ini bukan berarti sudah bebas dari ancaman Covid-19. Tapi, adanya vaksin Covid-19 ini diharapkan bisa makin menurunkan tingkat orang terkonfirmasi positif. “Namun sambil menunggu itu terjadi juga tetap dibarengi dengan disiplin menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan,” tandasnya.*man

BAGIKAN