22 Desainer Muda Tampilkan Rancangan Bertema “Time”

Model sedang memperagakan hasil rancangan siswa dan alumnus LPTB Susan Budihardjo dalam gelaran fashion show bertema "Time" di Kuta.
Mangupura (Bisnis Bali) – Sebanyak 22 siswa Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo Bali dan Surabaya menampilkan hasil karyanya melalui pagelaran busana (fashion show) yang disaksikan oleh para pencinta mode, penulis mode, serta fotografer media. Acara ini berlangsung di Ballroom The Trans Resort Bali, Kuta, Sabtu (15/2).

Pendiri sekaligus Pemimpin LPTB Susan Budihardjo, Susan Budihardjo mengatakan penampilan karya siswa dihadapan publik ini merupakan penanda selebrasi 40 tahun eksistensi LPTB Susan Budihardjo di dunia mode, yang sebelumnya telah diawali dengan prosesi wisuda. Sebagaimana diketahui, reputasi LPTB yang didirikannya telah mampu melahirkan desainer-desainer muda hingga desainer papan atas Indonesia.

“Sekolah kami senantiasa memberi dukungan yang maksimal kepada para siswa, bahkan setelah mereka menjadi alumni. Setiap tahun, kami mengundang alumni untuk mempresentasikan karyanya di depan publik. Sekolah memfasilitasi penyediaan tempat, panggung, tata lampu, musik, hingga model. Kami juga kerap melibatkan siswa dan alumni pada pagelaran bergengsi seperti Jakarta Fashion Week, atau Indonesia Fashion Week, dan lainnya. Hal ini kami lakukan demi menjadikan lulusan paham tantangan yang akan dihadapi ketika terjun ke tengah masyarakat,” ujar Susan Budihardjo.

Pagelaran kali ini mengangkat “Time” sebagai tema utama untuk materi ujian sekolah dan presentasi alumni di hadapan masyarakat. Menurut Susan Budihardjo, time (waktu) adalah keniscayaan yang menawarkan dua hal dalam satu tempo, lama dan baru, berubah dan tetap. Karenanya, waktu dapat dilihat dari berbagai sudut dan perspektif yang berbeda. “Filosofi ini disodorkan kepada para siswa dan desainer muda untuk membuka imajinasi dan mengembangkan kreativitas sejauh mungkin dan menerjemahkannya menjadi sebuah koleksi karya dengan bebas dan kreatif. Dengan demiklan, jenis busana yang dipersembahkan para siswa dan desainer muda ini semakin beragam, mulai dari rancangan kostum, couture, hingga busana siap pakai,” jelasnya.

Yang terlibat dalam fashion show ini, diantaranya alumnus LPTB Susan Budihardjo Bali, yakni Indy Rizkiana, Marchelle Tan dan Julia Tori. Sedangkan dari Surabaya yakni Vella Virlia. Tak ketinggalan tiga alumnus dari Semarang, yaitu Vidi Jjong, Dinisyu, dan Qolbiana Zahra Adeputri yang masing-masing menampilkan tiga set hasil rancangannya. Pagelaran ditutup dengan penampilan 16 set busana karya para guru LPTB Susan Budihardjo Bali, terdiri dari Jafar Sodiq, Luh Wina Sadevi, Ni Made Rica, Donny Silvester dan Andre Puspa.

Susan Budihardjo berharap kepada lulusannya dan generasi mode muda Indonesia agar tidak berpuas diri dengan karya-karya yang sudah dibuat dan terus belajar karena persaingan ke depan kian ketat. “Jangan lekas menyerah, jangan mudah putus asa. Jalani proses dengan hati ringan, perbanyak jam terbang terbang untuk mengenali karakter karya pribadi. Bekerjalah lebih keras lagi, karena persaingan semakin kompetitif,” tutupnya. (•dar)
BAGIKAN