2021,  PKK  akan Olah Produk Pertanian  

Tahun ini program Hatinya PKK (Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman Bersama Tim Penggerak PKK)  lebih banyak pada pemberian bibit tanaman.

TINGKATKAN - Program Hatinya PKK meningkatkan hasil sektor pertanian. 

Gianyar (bisnisbali.com) Tahun ini program Hatinya PKK (Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman Bersama Tim Penggerak PKK)  lebih banyak pada pemberian bibit tanaman. Sementara tahun 2021 program Hatinya PKK dominan pada pengolahan hasil produk pertanian.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Gianyar  Ny. Surya Adnyani Mahayastra, Jumat (13/11) kemarin, menyampaikan program Hatinya PKK 2021 memberikan nilai tambah pada produk pertanian yang dihasilkan masyarakat. ini dengan mengolah hasil produk pertanian menjadi produk makanan tertentu.

Ia meyakinkan PKK Gianyar tetap fokus pada Hatinya PKK. Tahun 2021 bukan lagi memberikan bantuan bibit tanaman melainkan lebih pada pengawasan atau kontrol hasil produk pertanian masyarakat Gianyar. ‘’Tahun 2020 TP PKK fokus memberikan bantuan bibit tanaman. Tanaman ini bersifat musiman, tentu perlu inovasi dari ibu-ibu kader di rumah tangga. Selanjutnya nanti kami akan fokus pengolahan hasil Hatinya PKK,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, saat masa panen sektor pertanian menghasilkan produk melimpah. Hasil pertanian yang melimpah ini mesti diolah lebih lanjut agar tidak membusuk atau terbuang. Jadi, program selanjutnya tahun 2021 adalah pengolahan Hatinya PKK. Akan tetapi program PKK 2021 tidak bisa menyasar seluruh desa. Makanya bakal ada pilot project di satu desa.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra mencontohkan program Hatinya PKK 2021 dalam bentuk pelatihan pengolahan cabai atau tomat menjadi saos, tanaman bayam dibuat menjadi kripik dan lain sebagainya. Di samping itu, Hatinya PKK bersinergi dengan Puspa Aman dan TPS 3R.

Pihaknya berharap  pihak kecamanan rutin memantau tiga program ini.  Sebab, TPS 3R pemilahan sampah di rumah tangga juga menjadi fokus Hatinya PKK pada tahun 2021. *kup

BAGIKAN