Manfaat Madu Kele Bali  (Trigona Sp)  untuk Perawatan Kesehatan  

Lebah penghasil madu jenis kele-kele (Bali) atau Trigona Sp sudah lama dikenal oleh masyarakat di Bali

PANEN MADU -Proses panen madu kele - kele dan madu yang sudah dikemas.

Denpasar (bisnisbali.com) – Lebah penghasil madu jenis kele-kele (Bali) atau Trigona Sp sudah lama dikenal oleh masyarakat di Bali. Lebah ini menghasilkan madu dengan jumlah propolis yang  lebih banyak dibandingkan lebah jenis lain. Hal tersebut membuat madu kele – kele sangat berkhasiat bagi kesehatan dan belakangan mulai diburu masyarakat.

“Belakangan banyak orang tertarik pada madu kele-kele karena propolis yang dihasilkan sangat super dan lebih banyak dibandingkan lebah madu lainnya. Kelebihan lebah Trigona adalah mempunyai kualitas propolis cukup tinggi dengan kadar flavonoid,” tutur Nyoman Sridana, S.Kes.H, pemilik Taru Pramana yang saat ini membudidayakan madu kele- kele.

Madu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena nutrisi madu paling lengkap. Kadar gula berupa gula sederhana, yakni fruktosa. Konsumsi gula sederhana menyebabkan tubuh memperoleh energi lebih cepat daripada mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang terdapat dalam nasi dan roti. Walau memberi energi yang besar, madu tidak menambah bobot tubuh.

Selain itu Bee polen yang dihasilkan  sudah mengalami fermentasi akan berubah jadi madu dan akan bercampur dengan madu yang dihasilkannya dari nectar bunga. Karena itulah madu Trigona sangat kaya akan kandungan Bee Pollen. Madu Trigona Lebih Kaya Nutrisi, Kandungan nutrisi, vitamin, mineral, dan enzim pada madu kele bisa dibilang 5 kali lipat dibanding dengan kandungan yang ada pada madu asal lebah madu tawon.