Panggung Budaya Gajah Mina  Dongkrak Potensi Kesenian di Desa Pemuteran 

Open Stage atau Panggung Budaya Gajah Mina Desa Pemuteran telah diresmikan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST.

DIRESMIKAN - Panggung Terbuka Gajah Mina telah diresmikan sekaligus menjadi lokasi digelarnya Pemuteran Bay Festival 2019. 

Singaraja (bisnisbali.com) – Open Stage atau Panggung Budaya Gajah Mina Desa Pemuteran telah diresmikan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST. Peresmian itu dilakukan serangkaian kegiatan Pemuteran Bay Festival belum lama ini. Kegiatan ini untuk memberikan ruang kepada para seniman di Desa Pemuteran.

Terlebih lagi saat ini, potensi kesenian di desa yang terkenal dengan wisata baharinya ini sudah makin berkembang dengan mulai terbentuknya sanggar – sanggar seni.

Oleh karenanya potensi kesenian yang dimiliki diharapkan mampu mendongkrak pariwisata untuk peningkatan kunjungan wisatawan  ke kawasan Buleleng Barat.
Jro Mangku Ketut Wirdika selaku Jero Bendesa Desa Pemuteran mengungkapkan, pemanfaatan panggung budaya Gajah Mina nantinya akan dibahas bersama pihak kecamatan dan desa dinas.

“Nanti bersama Camat dan Desa Dinas kami bahas lebih lanjut, tapi intinya panggung ini bebas untuk banyak kegiatan seni atau hiburan, tidak hanya untuk Desa Pemuteran, tapi desa penunjang juga bisa di sini,” Jelasnya.
Panggung terbuka  Gajah Mina berlokasi di kawasan Tanjung Dalem Budaya, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Didukung panorama pantainya yang indah serta terdapat Patung Gajah Mina tepat di areal panggung sebagai simbol esensi kekuatan suci yang patut dihormati dan dijaga. Kawasan open stage ini juga mudah diakses oleh wisatawan yang tidak jauh dari jalan utama Singaraja – Gilimanuk.
Sebelum diresmikan, panggung budaya ini juga sudah melalui prosesi pemlaspasan dan upacara pecaruan sebagai bentuk keseimbangan antara sekala dan niskala. *ira