150 Delegasi ASEAN Jepang Hadiri RLF Ke-25 di Bali

Chief Representative of Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) Indonesia, Mr. Shinichi Yamanaka membuka ASEAN Japan Friendship Association for the 21st Century (AJAFA-21) Regional Leaders Forum (RLF) ke-25 di Kuta.
Mangupura (Bisnis Bali) – ASEAN Japan Friendship Association for the 21st Century (AJAFA-21) Regional Leaders Forum (RLF) ke-25 dibuka secara resmi oleh Chief Representative of Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) Indonesia, Mr. Shinichi Yamanaka bertempat di Ballroom Hotel Kutabex, Kuta, Sabtu (5/10). Turut hadir perwakilan dari Kementerian Pariwisata RI, Pemerintah Provinsi Bali, Kedutaan Besar Jepang serta Konsul Jenderal Jepang di Denpasar, Hirohisa Chiba. Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Pimpinan JICA Shinichi Yamanaka didampingi Presiden Kappija-21, Kedubes Jepang, dan perwakilan Pemprov Bali.
Kegiatan berskala internasional yang dilaksanakan oleh Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21 (Kappija-21) ini dihadiri sekitar 150 peserta dari delapan negara ASEAN dan Jepang, serta berlangsung hingga 7 Oktober 2019. Peserta terbanyak adalah dari negara Kamboja sejumlah 42 orang. “Saya sangat bangga terhadap alumni program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21, Kappija-21. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih untuk kerja kerasnya mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan ini,” ujar Yamanaka.
Sementara itu, Presiden Kappija-21, Mulyono Lodji menyampaikan selamat datang kepada semua delegasi ke Bali, Indonesia. “Kita benar-benar berada di Bali saat ini, bukan hanya dalam angan-angan. Jadi, saya ucapkan selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia. Terima kasih atas kehadirannya berpartisipasi dalam forum pertemuan ini,” kata Mulyono Lodji yang mengikuti program persahabatan Indonesia Jepang tahun 2001.
Sekretaris Jenderal Kappija-21, Wilson Lalengke mengaku sangat bersyukur bisa mempersiapkan kegiatan ini dengan baik, sehingga peserta dari negara-negara ASEAN terlihat sangat antusias mengikutinya yang terlihat dari banyaknya jumlah peserta. “Kami sangat berterima kasih kepada para pimpinan asosiasi negara masing-masing yang telah mengerahkan sejumlah besar anggotanya ke acara ini,” jelas Wilson Lalengke.
Terkait dengan persiapan dan pelaksanaan RLF yang terbilang sukses ini, Ketua Panitia acara, Yusron Fuadi, mengungkapkan bahwa disamping didukung penuh oleh JICA Indonesia Office, event ini juga disponsori oleh beberapa pihak. “Kita berterima kasih atas dukungan dari sponsor, antara lain dari Astra Internasional, Jaya Konstruksi, PT. Pembangunan Perumahan (PP), PT. Nindya Karya, WiKA Gedung, dan JNE. Kita juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Dinas Pariwisata Bali, dan Pemprov Bali, serta manajemen Hotel Kutabex, Denpasar,” jelas Yusron Fuadi.
Acara pembukaan ditutup dengan foto bersama seluruh delegasi dengan Pimpinan JICA. (•dar)