I Nyoman Sukarta, S.E. Sinergi Majukan Koperasi  

SINERGI demi terciptanya iklim perkoperasian yang sehat dengan berpegang teguh kepada prinsip saling membantu, menjadi latar didirikannya Forum Koperasi (Forkop) Ungasan.

Ketua Forkop Ungasan, I Nyoman Sukarta, S.E., mengatakan, di Desa Ungasan memiliki 10 koperasi. Melalui Forkop, 10 koperasi tersebut bersinergi, saling membantu dan gotong royong tanpa mengesampingkan etika bisnis masing-masing koperasi.

Sukarta menggagas berdirinya Forkop Ungasan untuk meningkatkan kerja sama dalam berbagai hal antar-gerakan koperasi, demi terciptanya nilai tambah yang positif dan saling menguntungkan bagi anggotanya. “Misi kami juga meningkatkan kompetensi insan-insan perkoperasian, sehingga tercipta gerakan koperasi yang sehat dan berkualitas. Kami mendorong kemitraan dengan pemangku kepentingan yang terkait demi tumbuhnya industri koperasi,” kata Manager Koperasi Subhakti Ungasan tersebut.

Ia mengatakan, meningkatkan kompetensi masing-masing insan yang ada di perkoperasian yang ada di ungasan sangat penting. “Harapan kami nanti ketika SDM ini sudah teredukasi, kita bisa bersatu sehingga koperasi yang ada di Ungasan menjadi sehat-sehat dan berkualitas karena memang segala sesuatu yang ada di manajemen itu dimulai dari SDM. Jadi SDM memegang peranan yang sangat penting,” katanya.

Ia mengungkapkan, pengurus Forkop itu sistem ngayah karena tidak ada yang menggaji. Hal tersebut murni karena ingin melakukan kegiatan secara bergotong-royong sesuai konsep koperasi.

“Kita menganut sistem makin banyak memberi, makin banyak menerima. Berilah banyak kebaikan kepada orang banyak, maka kita akan menerima banyak kebaikan pula nantinya, dan kebaikan itu bisa datangnya dari Tuhan sendiri maupun dari tangan-tangan Tuhan lainnya,” katanya.

Hal itulah yang sering sampaikan kepada gerakan koperasi, bahwa selain meningkatkan kualitas IQ (intelligence quotient) dan EQ (emotional quotient),  juga harus terus mengisi diri dengan nilai-nilai spiritual (SQ). Dengan demikian akan siap menjadi pemimpin yang membawa kemajuan bagi koperasi dan membawa kesejahteraan bagi anggota koperasi. *pur