Bupati Giri Pasta Ajak Generasi Milenial dan Masyarakat untuk Bersatu

ist HUT - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri puncak perayaan HUT ST Semara Dahana ke-37 Banjar Adat Nungnung, Minggu (29/9) di Wantilan Pura Desa lan Puseh, Desa Adat Nungnung, Desa Pelaga, Kecamatan Petang.

Mangupura (bisnisbali.com) – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, menghadiri puncak perayaan HUT ke-37 ST Semara Dahana Banjar Adat Nungnung, Minggu ( 29/9 ) lalu, bertempat di Wantilan Pura Desa lan Puseh, Desa Adat Nungnung, Desa Pelaga, Kecamatan Petang. Turut mendampingi anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Kabupaten Badung I Gst. Lanang Umbra, I Gst Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, dan I Nyoman Suka, Camat Petang I Gede Eka Sudarwitha serta unsur Tripika Kecamatan Petang, Kabag Humas Setda Badung I Made Suardita, Pj. Perbekel Desa Pelaga diwakili Sekdes Desa Pelaga Ni Luh Eka Deviyani serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan, sekeha teruna (ST) adalah generasi penerus Di masyarakat ada yang dinamakan Wimuda, Winata, dan Wiwerda yang dimaksud wimuda adalah anak- anak, winata adalah generasi muda yang sudah bisa memilih dan memilah mana yang baik dan tidak baik, sedangakan wiwerda adalah orang tua yang harus wajib membina dan membimbing anak-anaknya untuk menjadi generasi yang berguna bagi masyarakat bangsa dan negara pada umumnya. Untuk meringankan beban masyarakat, 2 program prioritas Bupati Badung yaitu meringankan “pribadi dan komunal masyarakat” baik kebutuhan pribadi masyarakat Badung seperti kesehatan gratis, pendidikan gratis, PBB gratis serta kebutuhan komunal seperti pengeluaran (peson-peson) upakara, upacara, perbaikan pura, balai banjar dan lainnya. “Itu yang kami bantu sehingga ekonomi masyarakat Badung meningkat. Untuk bisa mengadakan acara HUT seperti ini berarti ST dan masyarakat Banjar Adat Nungnung ini sudah bisa bersatu. Dengan bersatu setengah perjuangan sudah berhasil, jika tidak bersatu setengah perjuangan akan gagal. Maka dari itu Bupati asal Pelaga ini selalu mengimbau dan mengajak masyarakat untuk bersatu dan apa yang akan dilaksanakan pasti akan berhasil dengan cara bersatu,” jelasnya.

Bupati Giri Prasta selalu mendukung program-program ST karena ST akan menjadi generasi milenial dan penerus di lingkungan masyarakat dalam mengembangkan seni, adat dan budaya di lingkungan adat dan masyarakat umum sesuai dengan konsep Tri Hita Karana Tiga. Sebab kebaikan yaitu Prahyangan, Pawongan dan Palemahan, untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan adat gotong-royong di lingkungan banjar adat dan di lingkungan Pura itu sendiri. Dia juga mengimbau juga kepada ST harus bersatu tidak boleh mabuk-mabukan, terpengaruh obat-obatan terlarang yang bisa merusak diri bagi generasi penerus bangsa ini, dan terakhir tak lupa beri ucapan dirgahayu kepada ST Semara Dahana semoga kompak dan jaya selalu. Dalam kesempatan ini Pemkab Badung membantu dana motipasi Rp 24 juta, secara pribadi Bupati Giri Prasta membantu dana motivasi Rp 10 juta.

Laporan Ketua Panitia I Gede Satwika Parayana, dalam kesempatan ini mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Bupati Badung serta undangan yang lainnya, adapun dalam perayaan hari jadi yang ke-37 tahun ST Semara Dahana ini dengan mengambil Tema “Sahitya Abhinaya Nuju Sedanu Manunggal” yang artinya semangat solidaritas menuju Semara Dahana Nungnung Bersatu. untuk memeriahkan perayaan ini kami ST mengadakan kegiatan lomba bidang seni dan budaya, yaitu lomba membuat gebokan, keranjang dan sengkui, di bidang olah raga, jalan santai disertai dengan pemungutan sampah di sepanjang jalan yang dilalui untuk mendukung program Bupati Badung dan dalam kesempatan ini, jalan santai diikuti oleh anggota DPRD Badung asal Desa Pelaga yang juga mantan Perbekel Desa Pelaga, I Gst. Lanang Umbara. dan kami ST ini sudah menjalankan apa yang diimbau oleh Bupati untuk mencapai keberhasilan dengan cara bersatu. Utuk itu kami siap bersatu untuk mencapai keberhasilan,” ungkapnya.

ST Semara Dahana memiliki 3 program yaitu di bidang seni dan budaya, di bidang olah raga, dan di bidang sosial dalam seni budaya sudah menjalankan latihan seperti latihan menabuh, nari dan lainnya, di bidang olah raga Sudah memiliki klub sepak bola, bola voli,dan lainnya, dan terakhir di bidang sosial sudah melakukan bersih-bersih di lingkungan Pura, banjar dan sepanjang Desa Adat Nungnung. “Kami ST Semara Dahana siap ikut serta untuk menyukseskan program-program Pemkab Badung di bawah kepemimpinan Bupati Badung,” Paparnya.

 Pj. Perbekel Desa Pelaga yang diwakili oleh Sekdes Pelaga Ni Luh Eka Deviyani, dalam sambutannya pertama- tama mewakili Desa Adat Nungnung dan Desa Pelaga pada umumnya nengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Badung sudah bersedia selalu hadir di tengah-tengah masyarakat Pelaga dan tak lupa juga beri ucapan Dirgahayu kepada ST Semara Dahana semoga makin kompak dan jaya selalu, kami dari pemerintah desa sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh ST ini dalam melaksanakan perayaan HUT ke-37 ST ini.  Kami dari Pemerintah Desa Pelaga dalam acara maupun kegiatan pelaksanaan Perayaan HUT yang ada di wilayah Pemerintahan Desa Pelaga kami selalu menganggarkan dan memberi bantuan dana motipasi Rp 20 juta. dan besar harapan kami kepada orang tua agar ikut serta menjaga dan membina generasi ini untuk tetap bisa bersatu dan selalu menjaga kekompakan dalam berorganisasi dan juga bisa terhindar dari mabuk-mabukan di jalan dan agar terhidar dari obat-obatan terlarang,” jelasnya. *adv