Denpasar (bisnisbali.com) – Pecinta dunia custom dan roda dua di Bali kian tahun makin menunjukkan kualitas yang meningkat. Tidak hanya itu, builder Bali pun termasuk yang terbaik.

“Antusias penggiat roda dua dan dunia kustom di Bali tinggi setiap tahunnya. Inilah membuat Bali kembali dipilih karena antusiasme peserta selalu tinggi, bahkan tertinggi di antara daerah lain,” kata Suryanation Motorland Committee Rizky Dwianto di Lapangan Pantai Matahri Terbit, Sanur.

Menurutnya Suryanation Motorland merupakan sebuah wadah bagi berkumpulnya penggiat roda dua dan dunia kustom yang memiliki konten acara penuh seperti kontes sepeda kustom, game, booth clothing dan juga F&B.  Selain itu, di dalam area acara Suryanation Motorland Battle (SMB) 2019 akan menampilkan beberapa konten seperti freestyle show, menampilkan langsung dari artworker dan menampilkan musik. Untuk booth artworkers akan ada dari freeflow, never too lavish dan petrichor tattoo.

“Konsep dan tema baru pada tahun ini yaitu inspiration in action. Kami harap dapat memberikan inspirasi baru bagi para pemesan dunia dan roda dua di Pulau Dewata,” ujarnya.

Ia melihat kualitas peserta yang hadir selalu mengundang decak kagum para juri. Terbukti ada 170 peserta yang daftar namun karena keterbatasan slot sehingga yang lolos seleksi untuk menjadi peserta mencapai 151.

Ia mengatakan ini merupakan seri keempat dengan harapannya dari kegiatan ini bisa membawa nama Indonesia ke internasional. “Kami ingin custom Indonesia berkembang dan terdengar di internasional. Oleh karenanya custom harus terus belajar dan berbagi inspirasi, tidak malu dan ragu menghasilkan kreasi menjadi nyata,” katanya.

Custom bike contest tahun ini menghadirkan berbagai kelas untuk kategori di bawah 250cc (U250cc) dan di atas 250cc (A250cc) antara lain adalah kelas chopper/ bobber U250cc, scrambler/tracker U250cc. Cafe Racer U250cc, street cub/ choppy cub U250cc, sport FFA, chopper /bobber A250cc, scrambler/ tracker A250cc,  free for all (FFA). Kelas pameran yang terbagi menjadi sepeda klasik, skuter klasik, matic kustom, moto-art: pinstripe  dan lettering, best american v twin, best bike mini, best painting and recognition awards (pilihan komite suryanation, pilihan media dan jufges pick).

Motor-motor yang mengikuti kontes akan dinilai oleh dewan juri yang pada tahun ini akan diwakili oleh Veroland (Kickass Choppers Jakarta) dan Dodi Irhas (Siklus Dodi Chrome- Jakarta) serta juga juri tamu yang juga merupakan salah satu builder internasional asal Taiwan yaitu Winston Yeh dari Rough Crafts.

Kehadiran juri tamu di setiap seri SMB 2019 ini merupakan salah satu konten yang baru dihadirkan pada tahun ini.  Dengan menghadirkan beberapa builder internasional di setiap seri diharapkan dapat menghadirkan perkembangan dunia kustom Indonesia ke dunia custom scene internasional.

“Pengunjung yang datang di lokasi acara juga dapat melihat beberapa tenant yang akan hadir seperti Tigrehood, Von Dutch dan juga stan dari beberapa produsen motor seperti Royal Enfield, Kawasaki dan Ducati,” jelasnya.

Ia berharap Suryanation Motorland tetap menjadi wadah bagi berkumpulnya custom bike enthusiast. Diharapkan dapat menjadi pembelajaran dan pengalaman berharga yang dapat menginsiprasi dunia custom Indonesia untuk lebih maju dan berkembang di dunia internasional. *dik