Bupati Suwirta Didaulat Pimpin Aliansi Bupati/Wali Kota Peduli KTR Se-Indonesia  

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto ketika menghadiri konferensi ke-4 Aliansi Bupati/Walikota se-Asia Pasifik yang peduli pada KTR dan Penyakit Tidak Menular di Bogor, Jawa Barat.

Semarapura (bisnisbali.com) –Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri konferensi ke-4 Aliansi Bupati/Wali Kota se-Asia Pasifik yang peduli pada Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Penyakit Tidak Menular (The Asia Pasifik Cities Alliance for Tobaco Control/AP-CAT) di Bogor, Jawa Barat. Kegiatan yang berlangsung pada 25-26 September 2019 ini dihadiri para kepala daerah dari 12 negara.

Selain Indonesia, pertemuan ini dihadiri pula perwakilan dari Timor Leste, India, Malaysia, Bangladesh, Myanmar, Singapura, Filipina, Kamboja, Laos, Vietnam, Nepal dan Kementerian terkait. AP-CAT Summit merupakan wadah komunikasi dan koordinasi yang sangat strategis dalam upaya pengendalian tembakau di Indonesia karena menjadi forum pertukaran informasi dan pembelajaran atas keberhasilan pengendalian tembakau pada masing-masing negara anggota AP-CAT.

Komitmen Bupati Suwirta terhadap pengendalian tembakau di Kabupaten Klungkung, yakni dengan mengeluarkan Perda Nomor 1 Tahun 2014 tentang KTR dan Peraturan Bupati Klungkung Nomor 1 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pembinaan dan Pengawasan KTR termasuk memasukkan KTR tersebut ke dalam perarem di masing-masing desa pakraman di Kabupaten Klungkung. “Langkah ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mengajak masyarakat Klungkung hidup sehat,” kata Bupati Suwirta.

Karena dinilai berhasil dalam melakukan pencegahan dan pengendalian produk tembakau di Kabupaten Klungkung, Bupati Suwirta pun didaulat menjadi Ketua Aliansi Bupati/Wali Kota Peduli KTR se-Indonesia.

Penunjukkan Bupati Suwirta menjadi Ketua disampaikan langsung oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Bupati Suwirta menjadi Ketua Aliansi Bupati/Walikota Peduli KTR se-Indonesia menggantikan Ketua sebelumnya, Hasto Wardoyo (Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta) yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana Nasional (BKKBN).

Selain itu, pada kesempatan ini Bupati Suwirta juga menerima Penghargaan Asia Pasifik Cities Alliance for Tobaco Control and NCDs Prevention/APCAT Award 2019 yang diserahkan oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Penghargaan diberikan kepada Kabupaten Klungkung atas komitmen yang luar biasa dalam menerapkan larangan iklan dan promosi tembakau yang komprehensif dan menghentikan campur tangan industri tembakau serta menjaga kesehatan masyarakat dari industri tembakau. *dar