540 Kepala LPD Tersertifikasi  

KOMPETENSI - Foto bersama usai pembukaan pelaksanaan uji kompetensi yang diikuti 60 orang lebih kepala LPD se-Bali.  

SEJUMLAH kepala LPD yang menjadi peserta pelatihan angkatan ke-17 dan 18 mengikuti uji kompetensi bertempat di Hotel Nirmala, Denpasar. Hingga uji kompetensi angkatan ke-9 ini, total 540 kepala LPD se-Bali akan tersertifikasi.

Kepala Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Provinsi Bali, Nengah Karma Yasa mengatakan, uji kompetensi kali ini dilakukan pada 2 angkatan yang telah mengikuti pelatihan kurang lebih 5 hari. Satu angkatan terdiri dari 30 perserta yaitu kepala LPD yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Bali.

Ia mengatakan, pelatihan dan uji kompetensi yang mulai dilakukan pada Agustus 2018 lalu, masih terus berlanjut. Pihaknya menargetkan akan ada 900 orang kepala LPD yang tersertifikasi dari total 1.433 LPD se-Bali. Hal itu dikarenakan, yang menjadi target sertifikasi adalah LPD dengan aset di atas Rp1 miliar. “Dalam sebulan kami beri pelatihan kepada 2 angkatan, dengan waktu 5 hari per angkatan. Dengan itu, sertifikasi akan terus berlanjut hingga 900 kepala LPD yang menjadi target telah tersertifikasi,” katanya.

Ia mengatakan, pelatihan yang dibatasi hanya 2 angkatan setiap bulannya, agar peranan lain dari LP-LPD juga bisa terlaksana. Seperti memberi pendampingan kepada LPD dan sebagainya yang menjadi tugas LP-LPD.

Karma Yasa menjelaskan, sertifikasi bagi pengurus LPD sangat penting dilakukan untuk memperkuat kredibilitas SDM LPD. Hal ini juga akan membantu meningkatkan kepercayaan bagi masyarakat. Meski lembaga tradisional namun dikelola dengan profesional. *wid