DON BINGIN - Bupati Giri Prasta saat menghadiri upacara ngangget don bingin dan ngajum sekah di Desa Adat Lukluk Mengwi, Kamis (26/9).

Selama kepemimpinannya, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, S.Sos. yang didampingi Wabup Drs. Ketut Suiasa, S.H. konsisten untuk meringankan beban krama dalam menggelar karya baik Pitra Yadnya maupun Manusa Yadnya. Dalam dua hari berturut-turut Bupati menyerahkan bantuan karya hingga Rp 1 miliar di Desa Adat Kwanji dan kamis kemarin kembali menyerahkan bantuan Rp 700 juta di Desa Adat Lukluk.


SERANGKAIAN Upacara Pitra Yadnya yang puncaknya pada Saniscara Umanis, Sabtu (28/9) nanti, krama Desa Adat Lukluk, Mengwi melaksanakan upacara ngangget don bingin dan ngajum sekah, Kamis (26/9) kemarin. Rangkaian upacara ini dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta sangat mendukung upacara pitra yadnya yang dilaksanakan krama Desa Adat Lukluk. Menurutnya, karya ini merupakan salah satu implementasi konsep gotong-royong dalam beryadnya. “Kami selaku pemerintah daerah hadir di sini untuk ikut menyaksikan sekaligus mendukung dalam hal pendanaan, sehingga betul-betul masyarakat diringankan dari segi biaya,” jelas Bupati.

Kepada masyarakat maupun desa adat yang lain dapat melaksanakan yadnya seperi di Lukluk ini, dan Pemkab Badung akan siap membantu meringankan beban masyarakat. “Dana yang semestinya dikeluarkan untuk urunan, bisa dikelola di dalam rumah tangga, sehingga ekonomi keluarga menjadi meningkat dan astungkara kemiskinan akan menurun,” tambahnya. Sebagai wujud bakti kepada masyarakat Lukluk, Bupati menyerakan dana upakara Rp 700 juta.

Sementara itu Bendesa Adat Lukluk, I Wayan Darma mengatakan, upacara Atma Wedana dan Pitra Yadnya ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali dan tahun ini merupakan yang keempat kalinya. Upacara Atma Wedana sudah dimulai sejak (6/9) lalu dan upacara pengabenan dilaksanakan (10/9). Sedangkan pelaksanaan Pitra Yadnya puncaknya (28/9) dan (29/9) dilaksanakan upacara nganyut dan meajar-ajar. Biaya upacara sepenuhnya dibantu dari dana hibah Bupati Badung Rp700 juta. Upacara Atma Wedana diikut 93 sawa, Ngelungah 37 diri dan ngaben 9 orang. Ke depannya diharapkan bantuan dari Bupati Badung tidak berhenti di sini, namun terus berlanjut di bidang pembangunan yang lain di wilayah Desa Adat Lukluk dan aci-aci upakara/upacara yang dilaksanakan di Desa Adat Lukluk.

Dalam kesempatan tersebut ikut mendampingi Bupati, anggota DPRD Provinsi Bali Dapil Badung I Bagus Alit Sucipta, Penglisir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung sekaligus selaku anggota DPD RI Terpilih, DPRD Badung I Wayan Regep dan Ni Luh Putu Gd Rara Hita Sukma Dewi, Kabag Humas Made Suardita, Camat Mengwi IGN Jaya Saputra, Lurah Lukluk I Gede Wisnu Bayangkara, para bendesa adat se-Kecamatan Mengwi (Mangu Kerta Mandala) dan tokoh Masyarakat. *sar/editor rahadi