Strategi Jitu Gaet Wisman India

Denpasar (bisnisbali.com)-Pasar India merupakan pasar besar pariwisata Bali guna menggaet wisatawan India. Ketua Indonesian Hotel General Manager Association Bali Chapter, Nyoman Astama, Selasa (24/9) mengatakan untuk menggaet wisatawan India diperlukan strategi promosi yang jitu.

Diungkapkannya, walaupun Bali memiliki daya pikat kuat dan memiliki kesamaan dengan India, untuk meraih peluang pasar ini tetap harus menggunakan strategi pemasaran yang jitu. “Kegiatan promosi ini mesti dilakukan pelaku pariwisata yang khusus mengelola wisatawan India yang sangat mengerti dengan pasar India ,” ucapnya.
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, pada 2017 tercatat sebanyak 485.314 warga India datang ke Pulau Dewata. Ini adalah potensi yang sangat luar biasa karena kunjungan wisman India ke Bali saat ini urutan ketiga terbesar bisa saja akan menjadi terbesar kedua atau bahkan pertama.

Dipaparkannya, dengan total kunjungan sejumlah 535.550 wisatawan menempatkan India sebagai negara ketiga penyumbang wisatawan terbanyak untuk Bali pada 2018. Sampai bulan Mei 2019 kunjungan wisatawan India ke Bali sudah mencapai 151.959 orang.*kup