Koperasi harus Perluas Jaringan

Denpasar (bisnisbali.com) –Koperasi serba usaha banyak yang mengelola warung serba ada (waserba). Namun, tidak semua mampu berjalan sesuai harapan dan mensejahterakan anggotanya.

Manajer KSU Mitra Sejahtera Gianyar, I Ketut Lamun Muliana mengatakan kiatnya adalah bagaimana membina anggota agar anggota secara aktif berbelanja di koperasi.

“Anggota kita sekarang sudah mencapai 1.600 orang,  kalau dihitung salah satu produk saja jika semua orang perlu beras kalau menghabiskan 25 kilogram setiap bulan berarti bisa dihitung banyaknya berapa yang dibutuhkan anggota.  Belum kebutuhan yang lain, di sini kita butuhkan adalah bagaimana kita mampu melayani anggota dengan baik karena pada dasarnya karyawan kan pelayannya anggota karena anggota adalah pemilik koperasi,” katanya di Renon Denpasar.

Muliana mengatakan tidak bosan-bosan  memberikan sejenis penghargaan berupa door prize setiap RAT untuk memotivasi anggota. “Untuk door prize ini kita kerja sama dengan para suplayer agar jangan membebani koperasi,” ungkapnya.*pur