Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Album Photo Kreatif dan Ramah Lingkungan


Oleh : Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja


PROGRAM Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu program yang diselenggrarakan oleh Kemeristekdikti melalui perguruan tinggi untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Program ini juga bertujuan untuk peningkatan produktifitas Usaha Kecil Menengah melalui penerapan riset dan teknologi yang tepat guna.

Tim pengabdian Universitas Mahasaraswati Denpasar telah memenangkan hibah DRPM Dikti pendanaan Tahun 2019 dengan Ketua Pelaksana Ni Putu Cempaka Dharmadewai Atmaja, SE.,MM dengan Anggota Tjokorda Istri Praganingrum, ST.,MT. PKM ini bermitrakan pengerajin Album Photo yang bernama Ibu Desak Padmiyani dengan nama Usaha Aris Handycraft yang berlokasi di Desa Tegalalang.

Aris Handycraft bergerak di bidang kerajinan album photo yang terbuat dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan seperti kertas daur ulang, pelapah pisang dan daun-daunan yang sudah kering. Usaha ini telah berdiri sejak tahun 2007 sampai sekarang. Keunikan album photo pernah membawa usaha pada kejayaannya, bahkan kerajinan ini sempat dipesan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri (Presiden RI ke 4) sebagai souvenir untuk acara pernikahan anaknya. Potensi yang besar terhadap perkembangan produk ini, maka tim pengabdian Unmas Denpasar menggunakan hibah dikti untuk dapat membantu pengerajin dalam aspek produksi, manajemen keuangan dan manajemen pemasaran.

Hasil yang telah dicapai oleh tim pengabdian adalah dari aspek produksi yaitu pengadaan alat-alat produksi, pengadaan meja kerja, dan perbaikan layout produksi. Pencapaian dari aspek manajemen keuangan yaitu telah melakukan pelatihan mengenai pembukuan dan laporan keuangan sederhana. Sedangkan pencapaian dari aspek manajemen pemasaran adalah perbaikan layout tempat penjualan, dan pengadaan neon box sebagai sarana pemasaran.

Adanya PKM ini sangat memberikan manfaat oleh pengerajin untuk dapat meningkatkan produktivitas kerjanya yaitu dengan lancarnya proses produksi dengan alat-alat produksi yang baru. Kegiatan produksi menjadi lebih produktif karena waktu yang dibutuhkan untuk memotong, melubangi kertas menjadi lebih singkat dengan hasil yang lebih banyak. Disamping itu, dengan adanya meja kerja maka tenaga kerja merasakan kenyamanan saat bekerja sehingga tenaga kerja lebih banyak menghasilkan produk. Pengerajin juga diberikan pelatihan manajemen keuangan sehingga pengerajin dapat mengelola keuangan perusahaan dengan baik.

Pengetahuan terhadap pengelolaan keuangan bagi  UKM akan memberikan dampak yang besar bagi pengembangan usahanya di masa yang akan datang. Sementara pengadaan neon box sebagai sarana pemasaran dan perbaikan tempat penjualan yang lebih menarik dan pembuatan website  pemasaran akan memberikan dampak yang besar bagi pengembangan pasar bagi UKM. Pengadaan website pemasaran diharapkan UKM dapat untuk melakukan kegiatan ecommerce yang tidak hanya dapat melayani pasar lokal tetapi juga pasar internasional. *adv