Daya Tarik Budaya Jadi Magnet Tarik Wisatawan India ke Bali

INDIA -- Wisatawan India yang berlibur ke Bali.

Denpasar (bisnisbali.com)- Pariwisata Bali memiliki daya tarik seni dan budaya yang didasarkan ajaran agama Hindu. Ketua Indonesian Hotel General Manager Association Bali Chapter, Nyoman Astama,  Jumat (20/9) mengatakan daya tarik budaya ini menjadi magnet untuk menggaet wisatawan India untuk berlibur ke Bali.

Bali merupakan destinasi wisata internasional yang sudah dikenal berbagai negara di dunia termasuk India. Bali dan India juga memiliki kesamaan dalam hal religi yaitu agama Hindu. Ini tidak bisa diabaikan karena Bali mengembangkan pariwisata budaya yang berbasis kemasyarakatan. Di mana, dalam pelaksanaannya banyak diturunkan dari kegiatan keagamaan.

Uniknya, penerapan kegiatan keagamaan di Bali mampu disesuaikan dengan tempat, waktu dan situasi yang ada di Bali. Ini sesuai dengan kosep desa, kala, patra yang menjadi kearifan lokal..Menurutnya, esensi budaya Bali tetap berdasarkan tiga kerangka dasar yaitu tattwa (filsafat), susila (etika), upacara (acara). Ini dapat memperkaya dan menguatkan keberadaan pariwisata budaya di Bali.

Astama meyakinkan keunikan budaya Bali inilah yang disebut dengan “local genius”.  Hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan India berkunjung ke Bali.

Lebih lanjut dikatakannya, tidak hanya ke Bali, wisatawan India juga bisa diajak mengunjungi kawasan pariwisata Indonesia lainnya. Hubungan Indonesia dan India sebenarnya sudah terjalin sejak lama sesuai dengan data sejumlah literasi sejarah.

Negara dengan mayoritas agama Hindu tersebut, memulai perjalanannya ke Indonesia dimulai sejak zaman Ramayana. Nenek moyang India yang datang ke Indonesia pada saat itu dengan misi untuk berdagang melalui jalur perdagangan di laut Asia Tenggara dan Samudera Hindia.

Masyarakat India membawa agama yang dianutnya, yaitu agama Hindu dan aspek budaya lain, seperti budaya India dan bahasa Sansekerta. Budaya yang ada di Indonesia saat ini, juga turut dipengaruhi oleh budaya India. Keterkaitan budaya ini banyak dapat dilihat dan masih terjaga di Bali.

Nyoman Astama menegaskan dengan budaya ini Indonesia dan pariwisata Bali bisa menggaet wisatawan India. Wisatawan India diharapkan dapat mendongkrak target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali maupun target kunjungan wisman ke Indonesia secara umum. *kup