Bupati Suwirta Tampung Aspirasi di Temu Wirasa 

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersalaman dengan tokoh masyarakat saat menghadiri Temu Wirasa di Balai Banjar Sengguan, Kelurahan Semarapura Kangin, Kecamatan Klungkung.

Semarapura (bisnisbali.com) –Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali menggelar Temu Wirasa dengan tokoh masyarakat, Selasa (17/9). Temu Wirasa yang ketiga kalinya tahun ini dilaksanakan di Balai Banjar Sengguan, Kelurahan Semarapura Kangin, Kecamatan Klungkung. Acara diawali dengan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Penataran Agung, Klungkung.

Temu Wirasa bertujuan untuk menyerap aspirasi langsung dari masyarakat untuk memberikan saran maupun kritikan terkait program pemerintah Kabupaten Klungkung. Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga jam lebih ini, Bupati Suwirta  memaparkan program visi dan misi  masa kepemimpinannya baik itu di bidang infrastruktur, SDM, kesehatan, pendidikan, sosial maupun program lainnya. “Program yang sudah berjalan maupun yang belum berjalan, mari bersama-sama gelorakan semangat untuk membangun Klungkung ke depan,” ujar Bupati Suwirta di hadapan peserta Temu Wirasa.

Di bidang sosial, Bupati Suwirta berharap kepada seluruh Perbekel maupun Bendesa bisa bersama-sama mengawal dan membantu proses hibah bansos kepada masyarakat khususnya KK miskin agar bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Adapun program pemerintah tersebut yakni enterpreneur masuk desa sangat diharapkan bisa berjalan dengan baik.

 “Kumpulkan data masyarakat KK miskin baik yang permanen maupun yang tidak permanen agar mereka bisa mengikuti program ini dengan baik. Langkah ini dilakukan agar nantinya bisa bermanfaat dan bisa menuntaskan masyarakat khususnya KK miskin,” ujar Bupati Suwirta kepada para Perbekel.

Di bidang pendidikan, Bupati mengenalkan program pemerintah yakni satu desa satu TK Negeri. Selain itu Bupati meminta agar guru pengajar di masing-masing sekolah selalu bisa memberikan pendidikan karakter sejak dini kepada para siswa. Sarana dan prasarana di sekolah juga harus didata dengan baik. “Berikan mereka pendidikan karakter sejak dini, selalu ajarkan sopan santun dan beretika yang baik di dalam kehidupan sehari-hari,” pintanya.

Di bidang kesehatan, data masyarakat yang belum mempunyai kartu JKN-KIS harus dikumpulkan dengan baik serta pelayanan di rumah sakit harus berjalan maksimal. Bupati juga meminta agar di masing-masing kelurahan maupun desa segera membuat perarem tentang bahaya atau dampak narkoba serta Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

“Perda (KTR) harus diikuti dengan baik, Pemkab tidak melarang orang merokok tetapi mengimbau masyarakat agar mencintai kesehatan masing-masing dengan sebaik-baiknya,” harapnya

Terkait di bidang pertanian, program salah satu Pemkab Klungkung yang sudah berjalan, yakni Bima Juara harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. “Manfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya agar program ini tidak berhenti sampai di sini dan ke depannya bisa berjalan maksimal,” sebut Bupati asal Nusa Ceningan tersebut.

Ditambahkan Bupati Suwirta, penataan perform khususnya di sekeliling lingkungan Semarapura Kangin harus ditata dengan baik, mulai dari penataan kebun maupun kebersihan harus selalu dijaga.

Selain itu, budaya gotong-royong di desa harus dijaga dengan baik. “Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi dampak negatif dan bisa menjaga kerukunan pasemetonan masyarakat,” harap Suwirta.

Dalam sesi tanya jawab, salah satu warga bernama Wayan Runia menyampaikan masalah  lampu penerangan jalan yang belum berjalan maksimal. Khususnya di Jalan Merapi sampai pertigaan Tukad Unda diharapkan dinas terkait segera menindaklanjuti masalah tersebut. “Masalah penerangan jalan khususnya di Jalan Merapi sampai pertigaan Tukad Kali Unda agar dinas terkait segera menindaklanjuti masalah tersebut,” ujar Runia.

Menanggapi hal ini, Bupati Suwirta langsung menugaskan dinas terkait untuk segera menindaklanjuti dan menangani lampu penerangan jalan dimaksud. “Segera inventarisir dan kaji dengan baik masukan masyarakat ini sesuaikan dengan anggaran yang sudah ditentukan,” tegas Bupati Suwirta.

Turut hadir dalam Temu Wirasa kali ini, yakni Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Anom, Wakil Ketua DPRD Klungkung Cokorda Gede Agung, Asisten Bidang Perekonomian dan Pemerintahan Kabupaten Klungkung Luh Ketut Ari Citrawati, Camat Klungkung Komang Gde Wisnuadi, jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah serta tokoh masyarakat. *adv