Ni Wayan Risna Dewi Peran Kemasan

TAMPILAN kemasan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pemasaran produk UMKM saat ini terlebih lagi pada pasar online. Hal itu diungkapkan Kepala UPTD Layanan Desain Denpasar, Ni Wayan Risna Dewi, saat ditemui belum lama ini.

Ia mengatakan, saat ini pemahaman dan ketertarikan pelaku UMKM kian meningkat soal kemasan. “Seiring gencarnya pengurangan sampah plastik, minat pelaku usaha juga makin tinggi untuk membuat kemasan yang ramah lingkungan. Tentunya hal ini mampu memberikan nilai tambah pada produk yang dimiliki,” ungkapnya.

Menurut Risna Dewi, kemasan akan membantu memberikan tampilan menarik untuk promosi produk yang dimiliki. Di samping itu, dengan kemasan yang menarik memberikan kepercayaan pada konsumen terhadap kebersihan produk yang dimiliki. “Kehigienisan produk akan tampak dari kemasan yang menarik. Terlebih pada makanan, kemasan memberikan nilai tampah pada pemasaran produk,” katanya.

Tidak hanya online, pemasaran lewat offline juga dikatakannya membutuhkan kemasan yang menarik. Hal ini akan membantu mengangkat harga jual produk serta branding produk UMKM. Pasar yang dijangkau juga makin luas, tidak hanya pasar tradisional, namun juga pasar modern, termasuk pasar oleh-oleh.

Risna Dewi menjelaskan, UPTD Layanan Desain Denpasar memberikan layanan gratis untuk desain kemasan produk pelaku UMKM. Beberapa sampel kemasan yang didesain juga diberikan secara gratis kepada pelaku UMKM. Hal ini bertujuan untuk mendorong pengembangan pasar produk UMKM. *wid