Donsuwan Simatupang Dukung Pariwisata

KETERSEDIAAN dukungan optimal dari pelaku UMKM di sektor pariwisata, menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Oleh karena itu, bank terus mendorong perkembangan sektor pariwisata untuk mendukung terciptanya pemerataan pembangunan ekonomi.

“Salah satunya lewat penyaluran pembiayaan berskema Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku UMKM di sektor pariwisata,” kata Direktur Retail Banking Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang, belum lama ini.

Ia menegaskan, sebaran usaha yang menjadi objek pembiayaan KUR pariwisata bank BUMN ini meliputi usaha penyediaan akomodasi (homestay), usaha kerajinan suvenir atau makanan oleh-oleh khas, usaha restoran, kafe dan rumah makan, serta usaha penyewaan transportasi, kendaraan roda dua atau perahu.

Menurut Donsuwan Simatupang, keberadaan UMKM penunjang sektor pariwisata tersebut sangat penting untuk memastikan kenyamanan wisatawan saat beraktivitas di lokasi tujuan wisata.

“Makin banyaknya UMKM yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan wisatawan diharapkan akan mendorong terjadinya persaingan yang sehat serta berdampak pada peningkatan efisiensi dan kualitas layanan yang diberikan,” ujarnya. *dik