Program Tabungan Simantu Jadi Daya Tarik LPD Sogra

LPD - Layanan transaksi di LPD Desa Adat Sogra.

LPD Desa Adat Sogra Karangasem memiliki berbagai program tabungan yang memberi ketertarikan bagi masyarakat, di antaranya program Simantu dan Sibajang. Program Simantu menjadi program tabungan yang paling diminati masyarakat Desa Adat Sogra.

Kepala LPD Desa Adat Sogra, I Wayan Putra mengatakan, program Simantu (Simpanan Masa Tua) merupakan simpanan jangka panjang selama 20 tahun dengan setoran Rp100.000 per bulan. Nilai yang didapatkan hingga tahun ke-20 mencapai Rp70 juta. “Nilai yang didapat pada akhir ini kontrak ini cukup besar hingga 3 kali lipat. Ini yang membuat jenis tabungan Simantu sangat diminati,” ungkapnya.

Selain nilai yang didapatkan cukup tinggi, program tabungan berjangka ini juga fleksibel yang bisa ditarik pada pertengahan meski kontrak belum berakhir. Nilai yang didapatkan sesuai dengan jumlah tabungan yang dimiliki plus bunga. Dikatakannya, tidak ada finalti dalam program ini saat penarikan dilakukan sebelum kontrak usai.

Dikatakannya, hingga saat ini nasabah dari program tabungan ini sudah mencapai 2.000 rekening. Padahal, kata Wayan Putra, target dari program ini hanya 1.000 nasabah. “Untuk itu program ini pun kita stop. Mengingat membludaknya peminat. Kita sesuaikan juga dengan kemampuan kita di LPD, karena ada bunga yang harus dibayarkan,” jelasnya.

Untuk mengganti program tersebut, Wayan Putra mengatakan, pihaknya memiliki program Sibajang (Simpanan Jangka Panjang). Program ini juga memiliki jangka waktu yang cukup panjang hingga 10 tahun, namun setoran yang dilakukan nasabah cukup sekali dengan nominal minimal Rp2 juta.

Adapun program tabungan Sibajang ini dikatakannya juga memberikan bunga yang cukup tinggi. Dalam jangka waktu sepuluh tahun nasabah bisa mendapatkan hingga 3 kali lipat dari setoran yang dilakukan. Selain program tabungan LPD Desa Adat Sogra juga memiliki program sukarela yang juga mampu menarik minat masyarakat. *wid