Dr. I Ketut Suweca, M.Si. Teknologi dan Pertumbuhan Ekonomi

TEKNOLOGI informasi kini tidak ubahnya seperti asisten yang andal, yang dapat melakukan banyak hal dalam aktivitas manusia termasuk kegiatan ekonomi. Banyak unit usaha yang memanfaatkan teknologi informasi ini untuk mengembangkan bisnisnya.

“Sistem informasi yang sebelumnya hanya digunakan untuk kepentingan berkomunikasi, menunjukkan manfaat yang besar dalam dunia bisnis baik skala kecil menengah sampai besar,” kata Kepala Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng, Dr. I Ketut Suweca, M.Si., belum lama ini.

Ia menambahkan, penggunaan teknologi menjadi hal yang mutlak dan dominan sebagai sarana komunikasi, penyebaran informasi, atau menjalin kerja sama bisnis. Inilah yang mengakibatkan terjadinya pergerakan ekonomi, yang semula pertukaran barang dilakukan secara fisik menjadi pertukaran melalui media teknologi.

Oleh karena tidak, dapat dipungkiri pergerakan ekonomi yang terjadi ini secara tidak langsung dapat mendorong pembangunan ekonomi dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. “Dengan kemajuan teknologi yang berbasis internet, masyarakat yang melakukan usaha dapat melakukan promosi dan pemasaran yang sangat luas dan murah. Asalkan memiliki layanan dan produk yang baik tentunya,” katanya.

Suweca yang juga gemar menulis ini menjelaskan, dengan bantuan teknologi sebuah usaha dapat dipastikan akan berkembang pesat. Dengan teknologi juga membantu para pelaku usaha untuk mencapai pasar yang sangat luas, tidak hanya di sekitar tempat usahanya. Terlebih lagi hadirnya teknologi berbasis internet atau e-commerce, Facebook tentu sangat membantu orang berbisnis dengan lebih mudah, membuat para pengusaha menggapai pasar yang sangat luas bahkan tidak terbatas. “Jadi dapat dipastikan penggunaan teknologi informasi sangat membantu dalam perekonomian bangsa Indonesia secara keseluruhan tidak terkecuali di Buleleng,” katanya. *ira