Internet Banking Mudahkan Transaksi di LPD

Kepala Bank BPD Bali Cabang Singaraja, Made Sudarma (kiri) dan Kepala LPD Ambengan, Made Nyiri Yasa, S.Sos., M.MA.

LEMBAGA Perkreditan Desa (LPD) yang kini sudah terintegrasi dengan internet, makin mempermudah pengurus LPD dalam hal operasional. Hampir semua kegiatan yang dulunya dilakukan secara offline, kini dapat lebih mudah dilakukan secara online dengan menggunakan komputer, laptop, tablet, maupun ponsel.

Tidak terkecuali LPD, sebagai lembaga keuangan di desa, keberadaan teknologi juga menjadi salah satu cara untuk mengenalkan teknologi hingga ke desa-desa, di mana nasabah dapat melakukan kegiatan transaksi di LPD dengan mudah, salah satunya dengan melalui internet banking.

Seperti halnya Bank BPD Bali Cabang Singaraja, di mana sebagai salah satu upaya dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi, Bank BPD Bali menyosialisasikan program internet banking ini ke LPD yang ada di Buleleng. Program ini merupakan salah satu terobosan baru dari Bank BPD Bali untuk makin memudahkan para nasabah dalam melakukan transaksi.

Menurut Kepala Bank BPD Bali Cabang Singaraja, Made Sudarma dengan adanya internet banking ini nantinya diharapkan mampu makin memudahkan jalannya operasional LPD. Seperti halnya transaksi penarikan, cek saldo dan transaksi keuangan lainnya yang diperlukan para nasabah LPD. “Jadi tidak ada lagi sistem manual, semua by system karena kini sudah connect dengan internet banking,” katanya.

Ia menjelaskan, dengan adanya internet banking ini juga segala macam transaksi dari LPD dapat dilakukan dengan sistem dan tidak lagi dilakukan secara manual. Bahkan, keunggulan lainnya dari internet banking ini juga mampu menjaga keakuratan data yang dimiliki baik dari pihak LPD.

“Dengan sudah adanya program internet banking dan mobile banking LPD ini dapat mempercepat pelayanan dan secara otomatis dapat meminimalisir terjadinya kebocoran data yang bisa merugikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala LPD Desa Adat Ambengan, Made Nyiri Yasa, S.Sos., M.MA., Rabu (11/9) mengatakan, dengan adanya internet banking ini nantinya dapat lebih mudah dalam memonitoring transaksi keuangan misalnya adanya transaksi pengiriman dana, sehingga pengurus LPD tidak  harus mengecek ke kantor Bank BPD Bali melainkan bisa dicek langsung melalui internet banking ini. “Kita jadi punya pilihan terdekat, tidak lagi kita harus menghubungi pihak Bank BPD Bali untuk mengecek transaksi yang masuk,” katanya. *ira