Lolos Administrasi, Tim Kemenkes Sambangi Tabanan untuk Verifikasi

VERIFIKASI-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan verifikasi tim verifikasi lapangan kabupaten/kota sehat Kabupaten Tabanan, setelah sebelumnya dinyatakan lolos administrasi.

Tabanan (bisnisbali.com) –Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan verifikasi tim verifikasi lapangan kabupaten/kota sehat Kabupaten Tabanan, setelah sebelumnya dinyatakan lolos administrasi. Kedatangan tim yang dipimpin oleh Hadrian Marta, diterima langsung oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, di Kantor Bupati, Selasa (10/9).

Hadir dalam acara ini OPD terkait, anggota pembina kabupaten/kota sehat, Forum Kabupaten/Kota Sehat Tabanan.

Bupati Eka, dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi lapangan kabupaten/kota sehat di Tabanan. Imbuhnya, kedatangan tim verifikasi kabupaten/kota sehat memang menjadi motivasi bagi semua untuk selalu kerja bersama, demi meraih target Swasti Saba kategori Padapa di 2019 ini.

Di sisi lain, Kabupaten Tabanan merupakan salah satu dari 9 kabupaten/kota yang terdapat di Provinsi Bali, memiliki posisi yang cukup strategis dan memliki luas kurang lebih 839 Km dengan jumlah penduduk 431 ribu jiwa. Tabanan adalah daerah yang cukup agraris banyak sawah dengan mayoritas penduduk petani dan nelayan dan lebih banyak berorientasi terhadap sumber daya alamnya yang luar biasa.

“Masyarakat kami secara geografis wilayah alamnya sangat beragam. Kami punya laut, kami punya danau, kami punya sawah dan kami punya gunung. Bersyukur kami hidup di Tabanan karena indek hidup orang Tabanan meningkat terus didukung oleh kondisi alam yang ada di Tabanan,” tuturnya.

Sambungnya, Tabanan telah disiapkan oleh alam dengan begitu luar biasa, tinggal bagaimana memanage dan merawat masyarakat yang hidup dan mencari kehidupan dan tinggal di Tabanan ini. Untuk itu kepada para OPD terkait tetap berkolaborasi yang baik patut diteruskan dan ditingkatkan lagi untuk menyongsong tatanan Swasti Saba yang lebih baik.

“Dengan kedatangan tim verifikasi lapangan ini dapat memberikan penilaian dengan apa adanya sesuai kondisi yang ada, dan semoga Tabanan tahun ini dapat memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten sehat pada tatanan Padapa,” harapnya.

Sementara itu, Hadrian menjelaskan tujuan kedatangan tim verifikasi yakni mengingat Tabanan telah lulus administrasi dan untuk mencocokkan kondisi di lapangan dengan apa yang telah dilaporkan oleh Forum Kabupaten Sehat, maka dilakukan verifikasi ke lapangan.

“Pastinya kami akan beri angka sesuai fakta yang ada di lapangan, namun yang terpenting bukanlah penghargaan tetapi menjadikan ini sebagai motivasi untuk lebih baik dan sehat,” kilahnya.*man