Penanaman Terumbu Karang Upaya Lestarikan Biota Laut

Kegiatan penyerahan secara simbolis Plakat Terumbu Karang dan bibit benih ikan kepada Kelompok Nelayan Sari Indah di Balai Nelayan Sari Indah, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST.

Singaraja (bisnisbali.com) – Kabupaten Buleleng memiliki wilayah laut terpanjang di Pulau Bali, serta memiliki terumbu karang tarbanyak dibandingkan kabupaten lainnya. Sehingga banyak terumbu karang yang harus dijaga di laut, karena itu peran masyarakat terhadap lingkungan sangat diperlukan untuk kepentingan pariwisata khususnya wisata bahari.

Karena itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST menyampaikan, semua pihak termasuk pemerintah bertanggung jawab menjaga dan melestarikan terumbu karang.  Ia mengaku sangat mendukung serta mengapresiasi inisiatif pelestarian lingkungan dengan melakukan transplantasi terumbu karang.  Hal itu diungkapkan PAS dalam penanaman atau transplantasi terumbu karang oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng bekerja sama dengan Kodim 1609/Buleleng, dan PT Pelindo III belum lama ini. Sekitar 1.200 terumbu karang ditanam sekaligus melepaskan ribuan benih ikan bandeng.
Menurut Mantan Anggota DPRD Provinsi Bali ini,  terumbu karang harus dijaga supaya indah, dengan perawatan yang berkelanjutan. “Terumbu karang banyak yang rusak akibat terkena jangkar perahu, penangkapan ikan dan yang paling bahaya yaitu dengan cara dibom, cara ini dilarang keras,“ ungkapnya.
Sementara itu, Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf. Verdy De Irawan, S.H.M.Tr (Han) mengajak warga yang berada di pesisir pantai serta kelompok nelayan berperan aktif menjaga lingkungan. Dengan cara memberikan edukasi serta melakukan bersih-bersih sampah di pantai akan menjaga biota laut tetap lestari.

“Masyarakat harus menjaga laut dari bahaya sampah plastik karena saat berada di kedalaman laut banyak terdapat sampah plastik yang tidak bisa hancur, walau sudah bertahun-tahun lamanya. Jangan sampai terumbu karang rusak karena dampak buruknya akan kembali dan dirasakan masyarakat juga,” tandasnya. *ira